Mau Lolos Seleksi CPNS & PPPK 2021? Intip Bocorannya

Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:05 WIB
loading...
Mau Lolos Seleksi CPNS & PPPK 2021? Intip Bocorannya
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera digelar. Terkait proses seleksi harus benar-benar mampu menjaring para profesional untuk bergabung sebagai abdi negara.

"Seleksi ini kita selenggarakan dengan berpegangan pada dua kata kunci, yakni profesional dan siap pakai," ujar Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Katmoko Ari Sambodo dikutip dari siaran pers KemenPANRB, Jumat (7/5/2021).



Menurutnya siapapun yang lolos seleksi diharapkan tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi pada pekerjaannya. Sehingga, tugas-tugas dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan efisien. "Begitu lulus tes, kemudian tanda tangan kontrak, pada hari itu juga mereka siap untuk langsung bekerja," ungkapnya.

Dia mengakui bahwa hal ini memang menjadi salah satu perbedaan rekrutmen CPNS dan PPPK. Di mana dalam hal rekrutmen CPNS, pemerintah berharap dapat merekrut generasi muda yang akan dipersiapkan dan dididik untuk bekerja sesuai dengan jabatannya. Sementara, seleksi PPPK didesain untuk mereka yang telah memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar minimal tiga tahun.

Pada tahun ini seleksi PPPK diperuntukan bagi guru dan nonguru. Dimana peserta yang berhak untuk mendaftar pada seleksi PPPK untuk guru adalah honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN. Lalu juga diperuntukan bagi guru honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan pemerintah daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud.



Termasuk juga guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud. Kemudian juga terbuka bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan pendidikan profesi guru Kemendikbud. "Untuk formasi PPPK non guru, jabatan yang paling banyak disediakan antara lain penyuluh KB, perawat, pranata komputer, dan penyuluh pertanian," pungkasnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)