Pengamat: Setahun Jadi Ketum, AHY Sukses Tingkatkan Elektabilitas Demokrat ke Posisi Kedua

Kamis, 06 Mei 2021 - 18:50 WIB
loading...
Pengamat: Setahun Jadi Ketum, AHY Sukses Tingkatkan Elektabilitas Demokrat ke Posisi Kedua
Melejitnya elektabilitas Partai Demokrat yang konsisten terlihat dari survei nasional dari tiga lembaga yang berbeda, dipuji pengamat sebagai bukti kesuksesan setahun AHY sebagai Ketua Umum. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Melejitnya elektabilitas Partai Demokrat yang konsisten terlihat dari survei nasional dari tiga lembaga yang berbeda, dipuji pengamat sebagai bukti kesuksesan setahun Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum. Kemampuan AHY melakukan konsolidasi internal langsung ke daerah-daerah dengan protokol kesehatan yang ketat serta prahara upaya perampasan Partai Demokrat oleh pihak eksternal, diyakini menjadi faktor-faktor pendorong kenaikan elektabilitas ini.

"Tantangan yang dialami Partai Demokrat saat berupaya dikudeta oleh pihak luar, tidak ringan. Rekam jejak selama ini menunjukkan upaya seperti hampir selalu menghasilkan perpecahan partai dan pemerintah cenderung mengesahkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB). Boleh dibilang hanya Partai Demokrat yang berhasil lolos dengan utuh dan sebaliknya, pihak yang mencoba merampas kini cerai berai," ujar Dosen Ilmu Politik UNJ, Ubedilah Badrun dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Sedangkan survei LP3ES menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat berada di angka 11%, menempatkan Demokrat pada urutan kedua setelah PDIP. Elektabilitas Ketum AHY sendiri mencapai 8,8%, menempatkan AHY sebagai satu-satunya tokoh yang bukan pejabat publik yang masuk empat besar kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)