Partai Ummat Fokus Penuhi Syarat Kemenkumham-KPU, Pusat Pegang Kendali

Rabu, 05 Mei 2021 - 20:09 WIB
loading...
Partai Ummat Fokus Penuhi Syarat Kemenkumham-KPU, Pusat Pegang Kendali
Partai Ummat tengah fokus berjuang untuk memenuhi syarat di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan berupaya lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Partai Ummat tengah fokus berjuang untuk memenuhi syarat di Kementerian Hukum dan HAM
(Kemenkumham) dan berupaya lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dengan kondisi tersebut, arah kendali termasuk konsolidasi di tubuh partai besutan Amien Rais tersebut sepenuhnya berada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Ummat.

Baca juga: Waketum Partai Ummat Ungkap Kedekatan Emosional dan Historis Amien Rais dengan Warga Muhammadiyah

"Semua konsolidasi berada dalam pengendalian pusat langsung. Kami masih berjuang untuk memenuhi syarat di Kemenkumham dan berupaya lolos verifikasi KPU. Dinamika yang dianggap kurang sejalan dan tidak sesusai atau belum penting untuk dilakukan tentu tidak kami lakukan," tegas Person in Charge (PIC) Partai Ummat Jawa Barat, Uum Syarif Usman dalam keterangan resminya, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Dengan Tangan Kosong, Pria Ini Selamatkan Perawat Cantik yang Dibakar Orang Tak Dikenal

Uum menjelaskan, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Ummat yang digelar di Yogyakarta beberapa waktu lalu, juga telah disepakati bahwa pembentukan pengurus Partai Ummat di daerah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan dipilih lewat musyawarah Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TPPPU) yang dibentuk oleh PIC.

Penetapan ketua berdasarkan musyawarah TPPPU di setiap tingkatan tersebut menurut Uum merupakan salah satu langkah Partai Ummat agar cepat mendapatkan legalitas dan terdaftar sebagai partai politik di Kemenkumham.

"Jadi siapapun yang dipercaya saat ini di tahap awal sebagai pimpinan partai, lebih sebagai amanat tim untuk mengantarkan ke tahap pendirian partai. Semua mendapat pengesahan dengan SK DPP langsung," jelasnya.

Oleh karenanya, Uum menegaskan, Partai Ummat pun belum akan melaksanakan kontestasi pemilihan ketua dan pengurus wilayah lewat jalur demokrasi.

"Kontestasi pemilihan ketua pengurus partai di wilayah akan menggunakan sistem demokrasi jika Partai Ummat telah ditetapkan sebagai salah satu kontestan politik dalam pemilu," jelasnya.

Kondisi tersebut, kata Uum, menjadikan penetapan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Jabar pun dilakukan melalui musyawarah TPPPU yang telah menetapkan Sanusi Uwes sebagai Ketua DPW Partai Ummat Jabar.

"Prof Sanusi Uwes jadi ketua DPW Jawa Barat bukan karena kontestasi atau keinginan pribadinya. Tetapi dorongan dari TPPPU yang memandang Prof Sanusi Uwes lebih tepat jadi figur pimpinan partai di tahap pertama," ungkap Uum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)