Dukung UMKM pakai Cloud, AWS dan Midtrans Kembangkan Pojok Usaha

Selasa, 04 Mei 2021 - 10:04 WIB
loading...
Dukung UMKM pakai Cloud, AWS dan Midtrans Kembangkan Pojok Usaha
Pojok Usaha digadang mendukung simplifikasi dalam pengadopsian teknologi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Amazon Web Services (AWS) , salah satu perusahaan milik Amazon.com, mengumumkan jalinan kolaborasinya bersama Midtrans, sebuah perusahaan payment gateway bagian dari Gojek Group.

Platform terbaru Midtrans yang dikembangkan bersama AWS, yakni Pojok Usaha, mendukung simplifikasi dalam pengadopsian teknologi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.



Platform ini digadang dapat menghadirkan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan layanan cloud AWS, serta mengakses beragam solusi bisnis dan pembayaran dari Midtrands, maupun dari mitra-mitra teknologi keduanya.

Melalui platform ini, keduanya bertekad untuk mendorong pertumbuhan bagi lebih dari 10.000 UMKM di Indonesia di tahun pertama mereka bergabung dengan Pojok Usaha.

Selama ini, teknologi punya peran besar dalam mendukung bisnis dan mengejawantahkan kembali kegiatan operasional mereka, mengembangkan basis pelanggan, hingga mengidentifikasi hadirnya peluang-peluang baru.

Namun, di sisi lain, tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang masih terkendala dengan minimnya penguasaan di bidang teknologi dan akses ke peranti-peranti yang terjangkau.



Dengan menyimplifikasi pengadopsian teknologi, Pojok Usaha menghadirkan kemudahan-kemudahan bagi pelaku UMKM untuk berevolusi, sehingga mereka bisa menciptakan inovasi-inovasi dan berkembang dengan cepat melalui platfom-platform digital yang tersedia.

"Sejumlah layanan AWS bagi UMKM yang tersedia di platform tersebut, antara lain Amazon Lightsail (virtual private server), Amazon WorkDocs, serta Amazon Chime," kata Gunawan Susanto, Country Manager AWS Indonesia, Selasa (4/5/2021).

Pojok Usaha berjalan di atas layanan-layanan AWS, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), serta Amazon Relational Database Service (Amazon RDS).



"Platform ini juga menawarkan akses bagi UMKM yang bergabung ke Midtrans, seperti Moka, GoBiz, Selly, serta GoSend," timpal Leonard Haidy, Chief Operating Officer at Midtrans.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2748 seconds (0.1#10.140)