Peringatan Hardiknas, Jokowi: Pendidikan Harus Memerdekakan Rakyat

Minggu, 02 Mei 2021 - 17:45 WIB
loading...
Peringatan Hardiknas, Jokowi: Pendidikan Harus Memerdekakan Rakyat
Presiden Jokowi menyatakan, pendidikan bisa memerdekakan rakyat Indonesia. FOTO/CAPTURE/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan, pendidikan bisa memerdekakan rakyat Indonesia. Hal ini sejalan oleh ajaran dari guru bangsa kita, Ki Hadjar Dewantara.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat podcast bersama dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim, saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar.

"Semangat Ki Hadjar Dewantara ini yang harus kita ingat, bahwa pendidikan harus memerdekakan manusia, itu harus kita ingat semua," kata Jokowi dikutip YouTube Kemendikbud, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Peringati Hardiknas, Nadiem Ngobrol Bareng Jokowi lewat Podcast Sore Ini

Dilanjutkan dia, kemerdekaan merupakan tujuan dari pendidikan. Sehingga, masyarakat bisa memilih pekerjaan yang diinginkannya, sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Sistem pendidikan inilah yang tengah dibangun ke depannya.

"Bagi Ki Hadjar Dewantara, pendidikan itu harus bisa memerdekan manusia, karena kemerdekaan lah yang menjadi tujuan. Jadi dengan berbekal pendidikan, semua orang boleh menjadi apa saja, ini penting dan perlu digarisbawahi," katanya.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan, kebebasan yang dimaksud tetap harus menjunjung tinggi kemerdekaan yang dimiliki oleh setiap orang. Sikap menghormati dan menghargai jangan dilupakan.

Baca juga: Hardiknas 2021, Mendikbud Ristek Beberkan 4 Upaya Perbaikan Pendidikan Indonesia
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)