Ini Kronologis Musibah Longsor di PLTA Batang Toru Tapsel

Jum'at, 30 April 2021 - 13:46 WIB
loading...
Ini Kronologis Musibah Longsor di PLTA Batang Toru Tapsel
Jenazah korban longsor di PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara sedang dievakuasi petugas, Jumat (30/4/2021). Foto/SINDOnews/Zia Nasution
A A A
TAPANULI SELATAN - Tanah longsor yang terjadi di area PLTA Batang Toru di Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara menyebabkan 12 orang tertimbun longsor.

Baca juga: 3 Jenazah Korban Longsor di PLTA Batang Toru Dievakuasi, 9 Masih Hilang

Communication & External Affairs Director North Sumatera Hydro Energy, Firman Taufick mengatakan, kejadian longsor bermula saat karyawan K3 Sinohydro bernama Dolan Sitompul menemani 2 orang karyawan Sinohydro, yakni Long Quan dan Xie, Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 18.10 WIB.

Baca juga: Cari 12 Korban Hilang, Tim Gabungan Sisir Lokasi Longsor di Area PLTA Batang Toru

Mereka mengendarai sebuah mobil proyek double cabin untuk mengecek dan mendokumentasikan terjadinya banjir lumpur setinggi 50 cm yang terjadi pada pukul 16.30 WIB di Jalan R17 K4+100 Bridge 6, karena hujan lebat yang mengguyur lokasi sejak siang hari.

Baca juga: Longsor di Kawasan PLTA Batang Toru Tapsel, 12 Orang Hilang

“Pihak Sinohydro mencurigai banjir lumpur di lokasi ini akan menyebabkan longsor pihak mereka perlu mengecek agar dapat menyiapkan alat berat untuk mengatasinya,” kata Firman dalam keterangan resminya Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah pengecekan dan mengambil dokumentasi sekitar pukul 18.20 WIB terjadi longsor yang langsung menimpa dan menggulung para karyawan Sinohydro tersebut. Namun Xie yang sempat melihat adanya longsoran berhasil meloncat keluar dari mobil dan lari menyelamatkan diri.

“Sementara rekannya, Long Quan dan Dolan Sitompul tergulung tanah longsor. Longsoran tanah itu terus meluncur dan menyapu sebuah kedai kopi milik Anius Waruwu yang tepat berada di bawahnya,” papar Firman.

Kata dia, saat ini tim teknis lapangan sedang menelusuri korban longsor yang berada di dalam kedai milik keluarga Anius.

“Hingga sekarang kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari tim teknis lapangan mengenai upaya pencarian maupun situasi di lokasi. Kami sampaikan juga, upaya pencarian korban oleh tim teknis lapangan dibantu Koramil Sipirok dan Polsek Sipirok,” tuturnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)