Di Masa Pandemi, Peran Ulama Dinilai Penting dalam Membangun Optimisme Umat

Kamis, 29 April 2021 - 22:33 WIB
loading...
Di Masa Pandemi, Peran Ulama Dinilai Penting dalam Membangun Optimisme Umat
Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani menyampaikan, betapa besarnya peran alim ulama dalam menghadapi krisis karena Pandemi Corona. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani menyampaikan, betapa besarnya peran alim ulama dalam menghadapi krisis karena Pandemi virus Corona (Covid-19). Hal ini disampaikan Ahmad Muzani saat bersilaturahmi dengan para ulama dan habaib se-Jakarta di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kehadiran Ahmad Muzani disambut KH Mahfudz Asirun yang juga Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Raya Hasyim Asy'ari dan alim ulama se- Jakarta. Baca juga: Dampak Dua Sisi Pandemi Terhadap Sektor Ketenagakerjaan

Dalam sambutannya, Ahmad Muzani menyampaikan, tantangan terbesar di masa pandemi virus Corona (Covid-19) adalah kehidupan ekonomi yang lesu. Daya beli masyarakat anjlog dan roda perdagangan kurang bergairah.

"Situasi ini membawa dampak psikologis bagi umat, yaitu munculnya pesimisme di tengah masyarakat. Di sinilah kita patut bersyukur ada alim ulama yang terus membangkitkan optimisme, bahwa insya Allah Covid-19 akan berakhir. Karena ajaran agam menyatakan setiap penyakit pasti ada obatnya," ucap Muzani, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Solidaritas buat Pelaku Industri Hiburan Terdampak Pandemi, Eventori Tebar 1.000 Paket Sembako

Menurut Sekjen Partai Gerindra ini, dorongan semangat dari para ulama inilah yang membuat umat teguh dalam kesabaran, karena sabar bagian penting yang selalu disampaikan oleh para ulama.

Selain kesabaran, para ulama juga mengajarkan nilainpositif dengan tidak berhenti berikhtiar. Walaupun tantangan berat lainnya di era digitalisasi,telah membuka semua akses informasi. Sehingga apa yang disampaika para alim ulama, para kyai dan para ustdz, sering berbenturan karena ada paradoks dengan kehidupan nyata.

"Inilah beban berat para ulama, untuk terus dengan sabar membentengi umat dengan panduan ajaran agama, ahlak yang mulia, keteladanan berdasarkan moralitas yang tinggi telah membentuk peradaban ke Indonesiaan," ujar Ahmad Muzani.

Di hadapan sekitar 30 ulama se-Jakarta yang hadir menjelang waktu berbuka puasa, Ahmad Muzani menyampaikan rasa syukur bahwa para alim ulana terus menjaga Indonesia. Tanpa diminta dari dulu sampai sekarang berkat doa-doa para ulama Indonesia tetao kokoh menghadapi segala tantangan disetiap zaman.

"Inilah sumbangsih besar para ulama dengan telaten, sabar dan ikhlas merajut peradaban ke-Indonesian," jelas Ahmad Muzani.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)