Mahfud MD: Isu Papua Bukan Kemerdekaan tapi Kesejahteraan

Kamis, 29 April 2021 - 14:55 WIB
loading...
Mahfud MD: Isu Papua Bukan Kemerdekaan tapi Kesejahteraan
Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan pemerintah tidak menggunakan kekuatan senjata untuk masalah Papua. Foto/inews tv
A A A
JAKARTA - Menteri Kooordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemananan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah terus berkomitmen melakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan masalah kesejahteraan Papua dipastikan tanpa menggunakan senjata.

"Masalah Papua yang sekarang sedang kita tangani sebaik baiknya adalah masalah isu lingkungan hidup, kesejahteraan, bukan masalah kemerdekaan," kata Mahfud dalam keterangan pers, Kamis (29/5/2021).



Bahkan pemerintah mengeluarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Inpres tersebut mengintruksikan penyelesaian masalah Papua dengan penyelesaian masalah kesejahteraan bukan dengan penyelesaian bersenjata.

"Tidak ada tindakan bersenjata di Papua tapi ada tindakan penegakan hukum pemberantasan tindak pidana terorisme bukan pada rakyat Papua tapi terhadap segelintir orang," jelasnya.



Mahfud menyebut dari hasil survei senanyak 92 persen masyarakat Papua tetap berada Republik Indonesia. Hanya ada segelintir orang yang melakukan gerakan dengan sembunyi-sembunyi.

"Hanya ada segelintir orang yang melakukan tindakan secara sembunyi-sembunyi dan mereka melakukan tindakan sparatisme kemudian tindakan-tindakan terorisme," jelasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)