Tekan Urbanisasi, Sandiaga Ciptakan Masyarakat Produktif lewat Desa Wisata

Rabu, 28 April 2021 - 16:36 WIB
loading...
Tekan Urbanisasi, Sandiaga Ciptakan Masyarakat Produktif lewat Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya menghadirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Foto/Twitter/Sandiuno
A A A
JAKARTA - Pengembangan desa wisata merupakan program prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024. Kemenparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.



Setelah melakukan pemetaan SDM, lanjut Sandiaga, pihaknya akan memfasilitasi pelatihan berbasis kompetensi bagi SDM di desa wisata melalui up skilling maupun reskilling yang disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan di tiap desa wisata.

Selain menciptakan SDM yang unggul, komponen yang diperlukan dalam kemajuan desa wisata antara lain atraksi, amenitas, aksesibilitas, serta aktivitas di desa wisata.

"Jika seluruh komponen terpenuhi, urbanisasi masyarakat dari desa ke kota diharapkan dapat berkurang, karena banyak aktivitas ekonomi yang diciptakan. Selain itu, desa wisata dapat menjadi upaya dalam melestarikan dan memberdayakan potensi budaya lokal dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di kalangan masyarakat," ucap Mas Menteri.

Sebagai catatan, pada 2019, sektor pariwisata menyumbangkan nilai devisa nomor dua terbesar di Indonesia setelah sektor migas, sebesar 16,9 miliar dolar AS. Sedangkan, sektor ekraf menyumbangkan sebesar Rp1,1 triliun terhadap PDB Indonesia. Untuk itu, dengan adanya pengembangan desa wisata diharapkan mampu mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi secara nasional.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)