Sekolah Jalur Kedinasan: STIS, STAN dan IPDN Jadi Favorit

Selasa, 20 April 2021 - 10:55 WIB
loading...
Sekolah Jalur Kedinasan: STIS, STAN dan IPDN Jadi Favorit
Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka sejak 9 April dan akan ditutup pada 30 April mendatang. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Badan Kepegawaian sampai Senin (19/4/2021) pukul 18.02 WIB sudah sebanyak 134.900 akun pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur sekolah kedinasan . Dari jumlah tersebut sebanyak 57.789 pelamar sudah memilih sekolah kedinasan. Sementara itu baru 27.216 yang telah menuntaskan pendaftaran. Dimana semua syarat dokumen sudah disubmit.

Dari 29 sekolah kedinasan, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) paling banyak diminati dengan 5.287 peminat. Lalu disusul Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan 4.323 pelamar. Kemudian Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan 3.783.



Tujuh sekolah kedinasan dengan peminat terbanyak antara lain Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 2.923, Politeknik Imigrasi (Poltekim) 2.151, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 2.019, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) 1.974, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) STTD BEKASI 1.177, Politeknik Siber dan Sandi Negara 1.017 dan Poltek Perkeretaapian Indonesia atau Madiun (PPI) Madiun 358.

Kementerian PANRB pun mengingatkan bahwa pelamar masih memiliki waktu untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga Jumat, 30 April 2021.

Selain itu, pelamar juga diminta untuk memahami dan mencermati dengan detail seluruh persyaratan, ketentuan, hingga alur dan proses seleksi sekolah kedinasan, baik yang berlaku secara umum maupun yang berlaku berdasarkan masing-masing sekolah kedinasan yang dilamar.



Sebagai langkah pertama, pelamar mengakses Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui laman sscasn.bkn.go.id/. Kemudian memilih menu Dikdin atau dapat pula langsung mengakses laman dikdin.bkn.go.id.
Sekolah Jalur Kedinasan: STIS, STAN dan IPDN Jadi Favorit

Setelah itu, pelamar memasuki langkah kedua, yakni pendaftaran. Pelamar memilih menu Daftar untuk membuat akun di Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dengan melengkapi data diri, mengatur kata sandi, dan mengunggah pas foto.

Setelah membuat akun, pelamar akan memiliki Kartu Informasi Akun. Unduh dan cetak Kartu Informasi Akun ini sebagai tanda pelamar telah memilki akun. Kemudian, pelamar diminta untuk dapat masuk kembali ke akun masing-masing di Portal SSCASN Sekolah Kedinasan untuk mengisi dan melengkapi persyaratan serta memilih sekolah kedinasan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2634 seconds (0.1#10.140)