Gedung Putih: AS Tidak Terlibat Sabotase Situs Nuklir Iran

Selasa, 13 April 2021 - 20:08 WIB
loading...
Gedung Putih: AS Tidak Terlibat Sabotase Situs Nuklir Iran
Gedung Putih menyatakan AS tidak terlibat sabotase situs nuklir Iran. Foto/Techcrunch
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak ada hubungannya dengan apa yang dikatakan Iran sebagai serangan sabotase terhadap pabrik pengayaan uranium Natanz.

"AS tidak terlibat dengan cara apa pun," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

"Kami tidak menambahkan spekulasi tentang penyebab atau dampaknya," imbuhnya seperti dikutip dari Al Araby, Selasa (13/4/2021).

Insiden di Natanz terjadi beberapa hari setelah pembicaraan dilanjutkan di Wina untuk menyelamatkan perjanjian nuklir 2015, yang ditinggalkan mantan presiden AS Donald Trump.



Penggantinya Joe Biden ingin menghidupkan kembali kesepakatan antara Iran dan sekelompok kekuatan dunia, yang membatasi program nuklir republik Islam itu dengan imbalan keringanan sanksi ekonomi.

Psaki mengatakan bahwa insiden itu tidak akan menggagalkan pembicaraan, di mana Washington mengambil bagian secara tidak langsung.

"Fokus kami tentu saja ke jalur diplomasi ke depan. Kami belum diberi indikasi bahwa kehadiran pada pembahasan yang akan dilanjutkan Rabu ini telah berubah," ujarnya.

Iran menuduh musuh bebuyutannya, Israel , berada di balik serangan itu, dan berjanji akan melakukan "balas dendam" serta meningkatkan aktivitas nuklirnya.

Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) mengatakan ledakan kecil telah menghantam pusat distribusi listrik fasilitas nuklir Natanz pada hari Minggu lalu, dalam apa yang oleh Kementerian Luar Negeri Iran sebut sebagai tindakan "terorisme" Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)