Ridwan Kamil-Menkes Budi Gunadi Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Taman Kota

Minggu, 11 April 2021 - 11:13 WIB
loading...
Ridwan Kamil-Menkes Budi Gunadi Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Taman Kota
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meninjau Pusat Vaksinasi Shopee di Kiara Artha Park, Kota Bandung. (Ist)
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meninjau Pusat Vaksinasi Shopee di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Sabtu (10/4/2021).

Pusat Vaksinasi Shopee merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Kota Bandung, dan PT Shopee Indonesia.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, lokasi pusat vaksinasi memiliki daya tarik karena sasaran vaksinasi dapat menikmati suasana taman kota sambil menunggu giliran penyuntikan. “Tempatnya sangat baik dan memadai. Jadi saya kira datang ke sini seperti piknik, tidak stres, dari pandangan mata juga sangat menyenangkan,” ucap Kang Emil.

Penyuntikan dosis pertama di Pusat Vaksinasi Shopee berlangsung pada 5-10 April 2021. Sedangkan penyuntikan dosis dua digelar pada 3-8 Mei 2021. Target sasaran vaksinasi mencapai 10.000 pelayan publik.

Dia menyatakan, Pemda Provinsi Jabar berkomitmen mempercepat vaksinasi COVID-19. Saat ini, cakupan penyuntikan vaksin di Jabar mencapai 60.000 dosis per hari. “Jabar per hari sekitar 60.000 dosis. Tapi kalau dikalikan jumlah penduduknya, persentase kita belum juara. Saya harap bahwa Jabar membutuhkan perusahaan seperti apa yang Shopee lakukan," tuturnya.

Dalam peninjauan tersebut, Ridwan Kamil pun mengapresiasi Menkes RI Budi Gunadi Sadikin yang terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mempercepat vaksinasi COVID-19. “Atas nama Pemda Provinsi Jabar, saya berterima kasih atas koordinasi dari Pak Menkes yang kinerjanya luar biasa, karena kami merasakan akselerasi dalam penanganan pandemi,” katanya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya kolaborasi dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19. Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak swasta, harus diperkuat.

“Tidak mungkin kami melakukan sendiri, kita harus melakukan bersama untuk proses vaksinasi. Saya di sini mengucapkan terima kasih kepada Shopee dan Pemda provinsi Jabar serta Pemkot Bandung atas kerja samanya,” kata Budi.

Dia juga berujar, kebersamaan akan hadir apabila dirajut dengan tujuan yang mulia yaitu rasa kemanusiaan untuk membantu sesama. “Ini membuktikan bahwa orang Indonesia itu kalau dirajut kebersamaannya modal sosial, itu besar sekali dampak positifnya. Saya percaya kalau hal tersebut dibangkitkan, apapun pekerjaannya pasti akan selesai,” katanya. Baca: Ini Mitigasi Bencana yang Bisa Diterapkan untuk Cegah Jatuhnya Korban.

“Mudah-mudahan bentuk kerja sama yang inklusif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah benar-benar bisa membangun gerakan vaksinasi Indonesia dan gerakan inilah yang akan menyelesaikan pandemi ini,” imbuh Menkes.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, pihaknya berkomitmen menyukseskan dan mempercepat vaksinasi nasional bagi masyarakat Indonesia. "Pusat Vaksinasi Shopee Bandung merupakan langkah awal kami untuk dapat menghadirkan pusat vaksinasi lainnya guna membantu percepatan pemulihan ekonomi Indonesia," ucapnya. Baca Juga: Ibu-ibu di Tasikmalaya Histeris Mobil Angkot yang Ditumpanginya Tertimpa Pohon Tumbang.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)