Bulan Ramadan, Pemprov Jawa Timur Pastikan Vaksinasi Tetap Digelar Siang Hari

Sabtu, 10 April 2021 - 10:42 WIB
loading...
Bulan Ramadan, Pemprov Jawa Timur Pastikan Vaksinasi Tetap Digelar Siang Hari
Foto/Dok SINDOnews
A A A
SURABAYA -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) tidak mengubah jadwal vaksinasi selama ramadan. Artinya, vaksinasi COVID-19 masih digelar siang hari dan tidak ada opsi dilakukan setelah berbuka puasa.

Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Pemprov) Jatim, Heru Tjahjono mengatakan, vaksinasi akan digelar selama bulan ramadan dan tidak ada libur. "Vaksinasi digelar siang atau sore menjelang berbuka itukan teknis saja. Yang penting kita terus lakukan vaksinasi sampai jatah vaksinnya habis," katanya, Sabtu (10/4/2021).

Dia menambahkan, untuk vaksinasi di gedung bina loka, komplek kantor Gubernur Jatim, selama ramadan akan dipindah ke RSUD dr Soetomo. Tujuannya, agar pelayanan vaksinasi bisa lebih optimal. "Jadwal vaksinnya tetap seperti biasa," ujar Heru.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim memastikan proses vaksinasi di bulan ramadhan tidak membatalkan puasa. Pandangan MUI Jatim sejalan dengan MUI Pusat bahwa vaksinasi harus tetap berjalan. "Merujuk pada ijtihad para ulama, vaksinasi tidak membatalkan puasa seseorang di bulan ramadan," kata Ketua Fatwa MUI Jatim, KH Makruf Khozin.

Dalam fikih syafi'iyah, lanjut dia, vaksinasi tidak membatalkan, sebab kategori batal puasa adalah masuknya benda ke dalam perut melalui lubang yang menjurus ke dalam perut seperti mulut, hidung dan telinga. Sementara lengan tempat vaksin dimasukkan tidak tembus ke dalam perut. "Kami meminta masyarakat yang mendapat jadwal vaksin di bulan ramadan tidak bingung dan ragu," terangnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)