Sukses Raup Cuan di Usia Muda, Selengkapnya di The Indonesia Economic Club Kamis Pukul 21.00 WIB

Rabu, 31 Maret 2021 - 19:00 WIB
loading...
Sukses Raup Cuan di Usia Muda, Selengkapnya di The Indonesia Economic Club Kamis Pukul 21.00 WIB
The Indonesia Economic Club Sukses Raup Cuan di Usia Muda malam ini (Kamis, 1 April 2021) pukul 21.00 WIB. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bonus demografi yang tengah dinikmati Indonesia kini dihadapkan dengan tantangan besar, yakni bangkit dari krisis ekonomi dampak dari pandemi Covid-19. Dari hasil sensus penduduk yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS), diketahui jumlah penduduk Indonesia hingga 2020 didominasi generasi Z dan generasi milenial.

Berdasarkan data BPS 2020, populasi terbesar Indonesia adalah generasi Z yang mencapai 75,49 juta jiwa setara dengan 27,94 persen dari total populasi Indonesia yang berjumlah 270,2 juta jiwa. Sementara generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen. Generasi muda khususnya milenial adalah angkatan kerja produktif, sehingga roda ekonomi negara bertumpu pada mereka.

Generasi milenial adalah generasi yang unik, adaptif, dan komepetitif. Cenderung menyukai tantangan dan menciptakan dunia baru, dunia ekonomi digital. Seperti yang dilakukan oleh Chrisna Aditya Chief of Staff yang sukses mengembangkan eFishery, perusahan start up teknologi Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia yang menciptakan smart feeder. Melalui terobosan yang dilahirkan, eFishery mampu memberikan dukungan dan perkembangan akuakultur di Indonesia. Bisnis model yang dijalankan eFishery bahkan mampu meyakinkan para investor untuk berinvestasi. Kini, eFishery sedang bersiap untuk Initial Public Offering (IPO).

Ekonomi digital dengan pertumbuhan yang signifikan juga terjadi pada industri games online. CEO Agate International mengungkapkan bahwa di masa pandemi Covid-19, game online mengalami peningkatan besar. Agate sudah menjadi perusahaan developer game selama 12 tahun, dan akan masih terus berinovasi untuk persaingan industri global.

Sementara di sektor UMKM, tumbuh dan berkembang produk-produk manufaktur yang semakin inovatif. Salah satu anak muda yang berhasil membawa produk lokal hingga ke pasar global adalah Lisa Yumi founder Prabu Indonesia. Lisa meninggalkan pekerjaanya sebagai banker untuk memulai bisnis sepatu. Koleksi sepatu Prabu Indonesia bahkan dapat ditemukan di Australia dan Singapura. Menariknya, Lisa memulai bisnis sepatu kulit khusus untuk pria, namun saat ini sudah tersedia model sepatu untuk perempuan.

The Indonesia Economic Club "Sukses Raup Cuan di Usia Muda” malam ini (Kamis, 1 April 2021) pukul 21.00 WIB dipandu Apreyvita Dyah Wulansari dan Rhenald Kasali di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)