152 Ribu Keluarga di Maros Bakal Didata, Kelarga Wabup jadi Pertama

Kamis, 01 April 2021 - 11:40 WIB
loading...
152 Ribu Keluarga di Maros Bakal Didata, Kelarga Wabup jadi Pertama
Waki Bupati Maros Suhartina Bohari saat didata oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Maros. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Sebanyak 152.073 keluarga akan menjadi sasaran pendataan keluarga oleh kader Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Maros .

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari menjadi keluarga pertama yang didata oleh kader pendata lapangan, ini juga menjadi tanda dimulainya pendataan keluarga yang berlangsung dari 1 April hingga 31 Mei mendatang.

Hati panggilan akrab Suhartina didata di ruang kerjanya Kantor Bupati Maros Kamis, (1/4/2021) oleh pendata lapangan dari kecamatan Mandai yang merupakan domisilinya. Pendataan pertama ini dipimpin langsung oleh Kepala BKKBD Maros Burhanuddin.



Menurut Burhanuddin, ada 682 kader pendata yang bertugas mendata di lapangan yang tersebar di 14 kecamatan, 103 desa dan kelurahan, 427 dusun serta 139 Rukun Tetangga (RT).

“Sebenarnya pendataan keluarga ini harusnya digelar tahun 2020 lalu tapi karena Covid-19, maka tertunda satu tahun karena pendataan ini digelar tiap 5 tahun sekali,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menjelaskan, beberapa pertanyaan yang wajib dijawab oleh keluarga adalah seputar keluarga misalnya jumlah anggota keluarga dalam KK yang tinggal serumah, asuransi yang digunakan oleh anggota keluarga dan alat KB yang digunakan.

“Khusus keluarga yang memiliki anak yang berusia di bawah lima tahun akan ada formulir stunting yang harus diisi. Jadi pendataan ini juga untuk mendata anak yang stunting ,” paparnya.

Dia menambahkan, saat ini di Maros ada dua jenis pendataan yakni secara manual dengan mengisi blanko serta menggunakan smartphone dengan memakai aplikasi.

“Karena masih ada kader yang telepon selulernya belum smartphone maka menggunakan blanko atau manual dalam pendataan,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4616 seconds (0.1#10.140)