Pemerintah Tolak Kubu Moeldoko, Pengamat: Kubu AHY Jangan Merasa Berhutang Budi

Kamis, 01 April 2021 - 06:51 WIB
loading...
Pemerintah Tolak Kubu Moeldoko, Pengamat: Kubu AHY Jangan Merasa Berhutang Budi
Inilah saatnya AHY dengan Partai Demokratnya menegaskan posisi sebagai oposisi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kubu Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) diminta tak terlalu berlebihan merespons keputusan pemerintah yang menolak pendaftaran kubu Moeldoko dalam kisruh Partai Demokrat. Jangan sampai, putusan pemerintah tersebut membuat posisi politik bergeser mendukung pemerintah.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) A. Khoirul Umam, sebaiknya kubu AHY tidak merasa berhutang budi kepada pemerintah. Justru, inilah saatnya AHY dengan Partai Demokratnya menegaskan posisi sebagai oposisi.



"Sikap oposisi yang kritis dan proporsional tetap dibutuhkan, agar proses demokrasi dan pemerintahan bisa tetap berjalan lebih sehat," ujarnya saat dihubungi, Kamis (1/4/2021)

Lebih lanjut Umam menyarankan agar kepemimpinan AHY perlu fokus pasa konsolidasi internal partainya. Yang perlu diantisipasi adalah menjaga soliditas partainya di proses Musda dan Muscab, agar tidak dimasuki oleh pihak-pihak dari kubu lawannya.



"Sehingga harus hati-hati dan perlu diantisipasi jika ada kekuatan yang hendak menyelundupkan sel-sel politiknya melalui Musda/ Muscab," ungkapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)