Mengupas Perjuangan Ratu Kalinyamat yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 31 Maret 2021 - 22:35 WIB
loading...
Mengupas Perjuangan Ratu Kalinyamat yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ratu Kalinyamat adalah perempuan yang luar biasa dan mendahului zamannya dalam perlawanan terhadap kolonialisme. Bentuk-bentuk perjuangan yang ditunjukkan oleh Ratu Jepara itu terungkap dalam sejumlah kajian ilimiah, yang layak sebagai dasar dukungan untuk menjadikannya sebagai pahlawan nasional.

Hal itu dibahas dalam Seminar Nasional bertema Penjelajahan Catatan Portugis: Rainha de Japara alias Retno Kencono alias Ratu Jepara alias Ratu Kalinyamat di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/3).

"Seminar ini adalah bentuk pertanggungjawaban dari tim kajian Ratu Kalinyamat untuk melengkapi persyaratan administrasi sebagai pahlawan nasional, agar dapat diusulkan kepada Bupati Jepara untuk selanjutnya diusulkan kepada pemerintah pusat," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam sambutannya.

Dalam seminar yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 itu dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual, Dr. Sa'dullah Assa'idi (Rektor Unisnu Jepara), Prof. Ratno Lukito (Ketua Tim Pakar Ratu Kalinyamat) yang memberikan kata pengantar.

Selain itu, hadir juga Dr Connie Rahakundini Bakrie (Pengamat Bidang Militer, Pertahanan, Keamanan dan Maritim), Prof. Vitor Teixera (Profesor Catolica Universidade Portuguesa, Porto), Dr Atang Irawan (Pakar Hukum Tata Negara Univ. Pasundan), Dr Sri Margana (Dosen Sejarah UGM), Dr Alamsyah (Dosen Sejarah UNDIP), Dr Chusnul Hayati (Dosen Sejarah UNDIP) dan Dr Widya Nayati (Dosen Arkeologi UGM) sebagai narasumber.

Lestari menjelaskan setelah sejumlah hasil kajian melengkapi persyaratan administrasi pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional, yang sangat menentukan adalah langkah politik dan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan di daerah.

Dalam kajian sejarah terkait eksistensi Ratu Kalinyamat, yang juga putri Sultan Trenggono, raja Kerajaan Islam Demak di masa itu, sambung Rerie, memperlihatkan bahwa Islam memberi tempat dan peran yang luas terhadap perempuan.

Mengenai gender di masa Ratu Kalinyamat, kata Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, sudah tidak lagi menjadi masalah.

Ketua Tim Pakar Ratu Kalinyamat, Ratno Lukito mengungkapkan saat ini timnya memiliki delapan sumber primer yang mencatat sepak terjang Rainha de Japara antara lain pada pristiwa peperangan pada tahun 1551, 1564, 1565, 1574 di Malaka dan Ambon saat menyerang keberadaan Portugis.

Dukungan sejumlah hasil kajian yang mendukung Rainha de Japara adalah Ratu Kalinyamat, menurut Ratno, memperkuat bukti ilmiah terkait eksistensi putri Sultan Trenggono itu, di nusantara ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)