Mengupas Perjuangan Ratu Kalinyamat yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

loading...
Proses pengungkapan sejarah, seperti eksistensi Ratu Kalinyamat, jelas Ganjar, perlu waktu. Namun, ujarnya, dalam prosesnya akan mempertebal kebanggaan kita sebagai bangsa.

Tim Riset Ratu Kalinyamat, Daya Wijaya mengungkapkan di masa abad ke-16 perempuan yang melakukan aktivitas perdagangan adalah hal yang biasa.

Di masa itu, sambung dia, Ratu Kalinyamat bukan hanya berperang untuk membela Jepara, tetapi lebih luas lagi untuk membebaskan koloni-koloni Portugis di Nusantara.

Pengamat militer, pertahanan, keamanan dan maritim, Connie Rahakundini Bakrie mengungkapkan, eksistensi Ratu Kalinyamat di nusantara dan Asia karena dia memiliki dukungan kekuatan militer, budaya dan ekonomi.

Dosen Sejarah Universitas Diponegoro, Chusnul Hayati mengungkapkan berdasarkan kajian terhadap sumber-sumber sejarah nusantara, Ratu Kalinyamat dan Retno Kencono adalah orang yang sama.

Dalam pandangan Profesor Vitor Teixera dari Catolica Universidade Portuguesa, Porto, Ratu Kalinyamat adalah pemimpin kuat dan ditakuti lawan-lawannya. Ratu Kalinyamat juga berperan penting dalam penyebaran Islam di Jawa dengan menggalang aliansi dengan kesultanan Aceh dan Johor. Bahkan, menurut Vitor, Ratu Kalinyamat tergolong tokoh pertama antikolonial.
(dam)
halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top