Puan Optimistis Lembaga Penyiaran Bisa Perkuat Ekonomi Nasional

Selasa, 30 Maret 2021 - 16:45 WIB
loading...
Puan Optimistis Lembaga Penyiaran Bisa Perkuat Ekonomi Nasional
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan industri penyiaran berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) melalui sub-sektor informasi dan komunikasi serta penciptaan lapangan kerja.

Sedangkan secara tidak langsung, lanjut dia, industri penyiaran memiliki multiplier effect pada sektor lain. “Berbagai program yang dikeluarkan media penyiaran dapat mempengaruhi pola dan preferensi konsumsi masyarakat yang tentu berujung kepada kinerja perekonomian,” kata Puan, saat menjadi pembicara utama Seminar Nasional Memperingati Hari Penyiaran Nasional ke-88, Selasa (30/3/2021) dikutip dari dpr.go.id.

Seminar tersebut digelar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Solo, Jawa Tengah memperingati Hari Penyiaran Nasional ke 88. Puan hadir secara virtual dalam seminar bertajuk Penyiaran Sebagai Pendorong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi.

Puan mengatakan, melalui lembaga penyiaran, berbagai informasi dan potensi keunggulan ekonomi suatu daerah akan diketahui dan lebih dikenal masyarakat maupun pelaku usaha di daerah lain, bahkan hingga ke luar negeri.

“Dengan penyebarluasan informasi dan potensi ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian daerah tersebut,” tutur legislator dapil Jawa Tengah V ini.

Dia mengajak para pelaku media penyiaran agar melihat kemajuan teknologi sebagai sebuah kesempatan. Khusus di masa pandemi ini, Puan mengajak media-media penyiaran di seluruh Indonesia dapat terus membangkitkan semangat gotong royong bangsa Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan dampaknya. “Saya yakin ketika penyiaran kita semakin kuat maka ekonomi Indonesia bisa semakin hebat,” sambungnya.

Kepada para pelaku industri penyiaran, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) periode 2014-2019 itu berpesan agar di tengah banjirnya informasi di media sosial maka media penyiaran harus menjadi seperti dataran tinggi tempat orang bisa merasa aman, terutama aman dari hoaks.

Puan sangat berharap pelaku industri penyiaran menyampaikan informasi kredibel dan terkonfirmasi dengan memegang kaidah-kaidah jurnalistik, dan turut mencerdaskan kehidupan masyarakat.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)