Doni Monardo: Bertahun-tahun Bertugas di Hutan, Saya Kenal Banyak Jenis Tanaman

Sabtu, 27 Maret 2021 - 11:03 WIB
loading...
Doni Monardo: Bertahun-tahun Bertugas di Hutan, Saya Kenal Banyak Jenis Tanaman
Doni Monardo menyampaikan pidato ilmiah dalam penganugerahan gelar kehormatan doktor honoris causa di IPB, Sabtu (27/3/2021). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Doni Monardo resmi menyandang gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Pemberian doktor Honoris Causa Letjen Doni Monardo ini tertuang dalam keputusan senat akademik Institut Pertanian Bogor Nomor 21/IT3.SA/PT/2020 tentang persetujuan pemberian gelar doktor kehormatan Doktor honoris causa kepada Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

“Hadirin yang saya muliakan marilah kita mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup dan bernafas dari oksigen yang dihasilkan oleh tanaman di sekitar kita,” ungkap Doni dalam pidato ilmiahnya yang berjudul Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Sabtu (27/3/2021).



Doni pun menceritakan pengalaman bertahun-tahun terlatih di hutan sehingga membuatnya mengenali berbagai macam tanaman. “Bertahun-tahun berlatih di hutan dan penugasan operasi militer di beberapa daerah, membuat saya mengenali banyak jenis tanaman. Sehingga saya berkomitmen untuk menanam merawat dan melestarikan tanaman dimanapun saya berada,” ungkap Doni.



Doni mengungkapkan awal mula kecintaannya terhadap aktivitas menanam pohon. “Dimulai dengan menanam pohon di asrama Brigif Para Raider III di Budi Sakti Kostrad yang tandus di Kariango Sulawesi Selatan yang merupakan sumbangan dari almarhum Andi Tenri Onigapa Pimpinan Panin Peduli Makassar. Dilanjutkan dengan pembibitan trembesi serta menanamnya di banyak tempat di Sulawesi Selatan, termasuk di lapangan Karebosi dan Bandara Sultan Hasanuddin,” katanya.

Dari situlah Doni berkomitmen untuk menghijaukan Indonesia. “Berkomitmen untuk melanjutkan program ini dengan mencanangkan slogan yang terpampang di kebun bibit Brigif Para Raider III Budi Sakti pada tahun 2008, dari Kariango Ikut Hijaukan Indonesia,” ungkapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3865 seconds (0.1#10.140)