Taolin Agustinus, Dokter Teladan Itu Kini Jadi Bupati Belu

Jum'at, 26 Maret 2021 - 10:22 WIB
loading...
Taolin Agustinus, Dokter Teladan Itu Kini Jadi Bupati Belu
Taolin Agustinus ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Belu. Taolin Agustinus sebelumnya terpilih sebagai dokter teladan tingkat puskesmas se-Indonesia beberapa tahun silam. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BELU - Pilkada Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mendapatkan pemenangnya. Adalah pasangan dr Taolin Agustinus, Sp PD dan Drs Aloysius Haleserens, MM yang memenangi Pilkada serentak 2020 di kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste tersebut.

Taolin Agustinus sebelumnya terpilih sebagai dokter teladan tingkat puskesmas se-Indonesia beberapa tahun silam. Agus lahir dan dibesarkan di sebuah dusun di Desa Halilulik, Belu. Menjalani pendidikan dasar hingga menengah atas di Pulau Cendana.

Taolin Agustinus lalu melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Lulus di kota pelajar, dia melanjutkan kuliah spesialis penyakit dalam di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah.

Sepulang dari Undip, Taolin Agustinus mulai berkarier di kampung halamannya di Desa Halilulik sebagai dokter kepala puskesmas hingga menjadi kepala RS Atambua, ibu kota Kabupaten Belu. Taolin Agustinus dikenal sebagai pekerja keras yang cerdas. Hingga kini dirinya masih menjabat sebagai salah seorang ketua PB ikatan dokter spesialis penyakit dalam indonesia ini.

Pada Pilkada Kabupaten Belu 9 Desember 2020 lalu, Taolin Agustinus bersama Aloysius Haleserens berhasil memperoleh suara 50.623, mengalahkan petahana.

Senin, 22 Maret 2021, melalui Surat Keputusan Pleno nomor: 61/PL.02.7-Pu/5304/KP-Kab/III/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, KPUD Belu secara resmi menetapkan pasangan nomor urut 2 atas nama dr. Taolin Agustinus, Sp PD dan Drs. Aloysius Haleserens, MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu untuk periode 2020-2026.

Taolin Agustinus bertekad membawa masyarakat Belu mendapat pelayanan kesehatan secara gratis. Juga seluruh masyarakat mendapatkan akses atas air bersih.

"Saya tidak akan muluk-muluk, kalau dua pekerjaan besar ini bisa saya tuntaskan, baru menyusul program-program lain yang telah saya sampaikan saat kampanye," kata Taolin Agustinus saat itu.

Tentang kedua prioritas program kerja tersebut, Kepala Desk Hukum Bappilu Partai NasDem, Hermawi Taslim, optimistis dapat dilakukan dengan cepat. Alasannya, kedua hal tersebut merupakan kelanjutan dari apa yang pernah dikerjakan sebagai dokter ketika masih menjabat sebagai kepala puskesmas Halilulik dan kepala RSUD Belu.

"Beliau mengenal hampir setiap jengkal tanah kelahirannya. Jadi kita optimistis masyarakat Belu akan diantar ke tingkat pelayanan kesehatan yang prima, dan NasDem sebagai partai yang menaungi sang dokter, juga akan all out memberi dukungan," kata Taslim yang juga wakil sekjen DPP Partai NasDem itu, Rabu (25/3/2021).

Taslim melanjutkan, Taolin Agustinus sangat memahami makna dan arti serta filosofi dari lagu berjudul Tebe O Nana. "Lagu daerah asal Belu yang mengisahkan bagaimana nasihat leluhur masyarakat Belu tentang kesehatan dan pengobatan atau obat-obatan yang menjadi hal utama dalam kehidupan. Bila lingkungan sehat dan masyarakatnya disiplin maka kesejahteraan pun akan menyertai," tandasnya Taslim.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)