PDIP Biarkan 2 Kandidat Bacawabup Tulungagung Berkompetisi

Senin, 22 Maret 2021 - 09:08 WIB
loading...
PDIP Biarkan 2 Kandidat Bacawabup Tulungagung Berkompetisi
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
TULUNGAGUNG - DPP PDI Perjuangan secara resmi menetapkan dua orang sebagai bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Tulungagung.

Dua orang yang salah satunya bakal dipilih mendampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo tersebut, selanjutnya diminta "bertarung" di lingkungan DPRD.

"Instruksi DPP, kedua calon diminta melakukan lobi lobi politik dengan fraksi partai politik lain di DPRD," ujar Ketua DPC PDI P Kabupaten Tulungagung Susilowati kepada wartawan.

Dua orang yang dinyatakan lolos seleksi bacawabup Tulungagung di DPP PDI P adalah Gatut Sunu Wibowo dan Bambang Agus Susetyo.

Gatut berlatar belakang pengusaha. Sedangkan Bambang pernah menjabat Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Timur.

Selama ini keduanya dikenal memiliki kedekatan dengan sejumlah politisi PDI P. "Keduanya merupakan cawabup resmi dari PDI P," kata Susilowati.

Sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan Nomor 2697/IN/DPP/III/2021 tertanggal 18 Maret 2021, kedua kandidat diberi waktu seminggu untuk melakukan komunikasi politik di tingkat legislatif.

Sebab sesuai ketentuannya, mekanisme pemilihan cawabup Tulungagung berada di DPRD. Calon yang mendapat dukungan terbanyak suara fraksi, adalah yang berhak mendampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Mekanisme tersebut berlaku setelah Bupati Maryoto memerintah sendirian selama tiga tahun (Dilantik 2019).

Maryoto yang sebelumnya wakil Bupati Tulungagung, naik menjadi Bupati Tulungagung menggantikan Sahri Mulyo yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada tahun 2018. Pasangan Sahri Mulyo - Maryoto Birowo diusung koalisi PDIP dan Partai Nasdem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)