Agar Jadi Pria Sejati, Aprilia Manganang Disarankan Ganti Nama Jadi Lanang

Kamis, 18 Maret 2021 - 17:30 WIB
loading...
Agar Jadi Pria Sejati, Aprilia Manganang Disarankan Ganti Nama Jadi Lanang
Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang mendapat masukan soal nama baru. Pilihan yang diberikan adalah Lanang yang berarti pria sejati. Foto: instagram
A A A
JAKARTA - Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang mendapat masukan terkait nama baru dari Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Hetty Andika Perkasa. Pilihan yang diberikan kepadanyaadalah Lanang.



Aprilia memang berencana mengganti namanya setelah status gendernya resmi dinyatakan sebagai pria. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Aprilia dinyatakan sebagai pria usai melakukan tes medis pada 3 Februari 2021. Dalam pemeriksaan itu, perwira kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, tersebut dinyatakan mengalami kelainan yang disebut hipospadia.

Ini merupakan kondisi langka dimana lubang kencing tidak terletak di ujung seperti kebanyakan, melainkan ada pada bagian bawah. Kebanyakan kelainan ini tidak parah. Tetapi, kasus Aprilia termasuk kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan khusus.

Mendengar keinginan Aprilia untuk mengubah namanya, Hetty Andika Perkasa yang merupakan istri dari KSAD pun memberikan saran. Saran nama ‘Lanang’ pun disampaikannya langsung kepada mantan pemain Bandung BJB Pakuan itu.

Hetty menyampaikan bahwa nama ‘Lanang’ yang diberikannya ini merupakan sebuah doa. Memiliki makna lelaki, dia berharap Aprilia bisa menjadi seorang pria sejati. Terlebih, dia punya tubuh yang macho dan kekar.

"Saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau saya kasih nama?" ujar Hetty kepada Aprilia saat berbincang bersama yang disiarkan dalam channel Youtube resmi TNI AD. "Siap, mau,” jawab Aprilia.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki. Itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini, Manganang menjadi lelaki sejati," jelas Hetty.

"Saya kemarin bilang ke bapak (Andika Perkasa), saya ingin bapak mendidik Lanang, untuk menjadi lelaki yang bisa jadi kebanggaan saya. Memilih nama ini tidak gampang, karena ini doa saya, mendoakan kamu, supaya menjadi lelaki sejati,” lanjutnya.



“Lelaki sejati sesuai kodrat Tuhan untuk kamu, karena kamu lahir sebagai lelaki. Saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai laki-laki," tukas Hetty.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)