Menakar Dampak Kerja Sama Sister City

Jum'at, 05 Maret 2021 - 05:53 WIB
loading...
A A A


Lalu, bagaimana sejauh ini laporan implementasi sister city? Dia menuturkan, Komisi II DPR bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum pernah melakukan evaluasi tentang bagaimana hasil nyata kota-kota di Indonesia melaksanakan program Sister City.

Belum adanya evaluasi tersebut, karena Komisi II DPR berpandangan progam tersebut bukan program wajib bagi daerah. Selain itu, Kemendagri juga tidak pernah melaporkan ke Komisi II.

"Tapi bagus jika Kemendagri memberikan dorongan agar pola Sister City bisa digunakan bagi Kota/Kabupaten/Provinsi untuk menjalin relasi bisnis, sosial, dan budaya termasuk pariwisata daerah bersangkutan," ungkap Mardani.

Pengamat sosial dan politik Musni Umar melihat adanya kerja sama antar kota di Indonesia dengan berbagai kota di negara lain banyak memberikan manfaat kepada masyarakat, dan pemerintah. Karena lewat kerja sama ini, pemerintah bisa saling memberikan pandangan mengenai kota yang ramah lingkungan, damai, dan bisa saling melihat kelebihan dan kelemahan masing-masing kota.

Tidak hanya pemerintah, masyarakat pun bisa merasakan manfaat dari kerja sama ini. Salah satunya dengan diberikan kesempatan untuk berkunjung untuk mengembangkan berbagai macam bidang, seperti kebudayaan, dan pendidikan dengan melakukan pertukaan pelajar melalui beasiswa. Hal ini menjadi sangat penting bagi pemerintah dalam membangun segala bidang.

"Selain mendekatkan penduduk dari dua daerah yang berbeda, sister city mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di kedua daerah sehingga dapat pula menciptakan lapangan kerja,"ujarnya saat dihubungi Koran SINDO.

Tidak hanya di sektor pariwisata, hadirnya Sister city ikut mempengaruhi bidang ekonomi. Melalui sister city, kota-kota di Indonesia bisa saling mempelajari mengenai bisnis dari berbagai kota di negara yang memang memiliki sistem bisnis yang bagus, agar nantinya tidak terjadi kesenjangan antara pengusaha besar dan kecil.

Program kota kembar ini juga dapat memudahkan masyarakat kedua daerah mencari mitra bisnis yang ideal serta membuka peluang bisnis dan investasi bagi para pelaku usaha yang ingin merambah pasar baru.

"Sister city sangat memberikan manfaat besar, tinggal bagaimana kita bisa atau tidak memanfaatkannya. Dengan saling melengkapi kita bisa memajukan kota dan masyarakatnya," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)