Kasatpol PP Jelaskan Alasan Tertibkan Komunitas Skateboard di Thamrin

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:04 WIB
loading...
Kasatpol PP Jelaskan Alasan Tertibkan Komunitas Skateboard di Thamrin
Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin membenarkan penertiban komunitas skateboard di trotoar kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Foto/Ist/Tangkapan Layar Twitter
A A A
JAKARTA - Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin membenarkan penertiban komunitas skateboard di trotoar kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Aksi tersebut viral di media sosial dan mendapatkan cibiran warganet karena anggota Satpol PP menertibkan secara represif.

Arifin menjelaskan, penindakan tersebut karena ada pelanggaran protokol kesehatan, yakni tidak mengenakan masker hingga menimbulkan kerumunan. "Kemarin pada saat patroli, anggota pol PP itu didapati kegiatan yang teman-teman dari yang menggunakan skateboard itu bermain di sekitar trotoar di depan hotel Mandarin," kata Arifin saat dihubungi wartawan, Kamis (4/3/2021).

Arifin mengklaim, pihaknya sudah mengimbau namun tidak digubris. "Tanpa gunakan masker, berkerumun dan sebagainya. Itu sudah di awal sudah diingatkan untuk selalu menggunakan masker, dan tidak kerumunan," ucap Arifin. (Baca juga; Terjaring Razia Masker, Pria di Ciracas Ngaku Anak TNI Tidak Percaya COVID-19 )

Tak beberapa lama kemudian, Satpol PP kembali melihat adanya kerumunan dari pemain skateboard. Ketika itu langsung ditindak, kendati demikian kebanyakan dari mereka ada yang melarikan diri. "Semua yang lain berlarian, yang ada disitu oleh anggota mau dilakukan arahan sekaligus juga mengingatkan dan didata, dari mana dan sebagainya," papar Arifin.

Menurutnya, sepanjang warga menaati protokol kesehatan, maka Satpol PP tidak akan membubarkannya. "Artinya kegiatan ini sepanjang tidak ganggu ketertiban umum, tidak berkerumun, menggunakan masker, itu silakan saja. Tentu kita tidak lakukan pendisplinan. Ini kan main enggak menggunakan masker," tutup Arifin.

Sebelumnya diberitakan, penangkapan tiga remaja yang main skateboard di trotoar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menimbulkan polemik. Peristiwa tersebut pun viral di media sosial Twitter. (Baca juga; Marak Ajakan Tawuran Lewat Medsos, 10 Remaja Bawa Senjata Tajam Diamankan )

Dalam video yang di-upload oleh akun Twitter, @afnnlambesis, Rabu 3 Maret 2021 itu mendadak viral setelah sejumlah anggota Satpol PP terkesan arogansi dalam menangkap sejumlah pemain skateboard. “Panjang umur skateboarders, Pol PP mulai galak!” cuitnya dalam Twitter.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)