Jokowi Berharap Untirta Jadi Kampus Kelas Dunia

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:01 WIB
loading...
Jokowi Berharap Untirta Jadi Kampus Kelas Dunia
Presiden Jokowi meresmikan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kota Serang, Banten, Kamis (4/3/2021) Foto/Biro Pers Setpres/Lukas
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) , Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan keberadaan gedung kampus yang megah harus menjadi semangat baru untuk memajukan pendidikan tinggi di Provinsi Banten khususnya.

Jokowi mengharapkan Untirta dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul dalam bagian dari upaya Indonesia memenangkan persaingan global yang makin sengit. “Saya lihat tadi dari depan begitu megah. Mudah-mudahan ini bisa jadi spirit kita semua dalam upaya memajukan dunia pendidikan tinggi di Provinsi Banten,” tutur Jokowi.

Menurut dia, Untirta mewarisi nilai-nilai keteladan tokoh pahlawan asal Banten yakni Sultan Ageng Tirtayasa dan Syeh Nawawi Al Bantani. Menurut dia, nilai-nilai keteladanan keduanya merupakan simbol kolaborasi antara ulama dan umaro sebagaimana karakter masyarakat dan daerah Banten.

“Nilai-nilai keteladanan ini harus benar-benar diimplementasikaan perguruan tinggi sebagai garda terdepan ilmu pengetahuan dalam tujuan untuk memajukan masyarakat dan daerah,” katanya.

Dia berharap Untirta dapat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang bisa menjadi kebanggaan Banten dan Indonesia.

Jokowi juga mengapresiasi pembangunan kampus baru Untirta yang menerapkan konsep smart and green di mana mengalokasikan 30 persen lahan untuk area hijau, memanfaatkan penerangan ruangan secara alamiah dari sinar matahari, serta membatasi akses kendaraan bermotor di area kampus.

Dia berpesan agar Untirta sebagai perguruan tinggi tidak menjadi menara gading yang jauh dari masyarakat, melainkan sebaliknya harus menjadi menara air yang mengalirkan air tiada henti dan secara merata kepada semua lapisan masyarakat.

“Kuncinya terbuka berkolaborasi untuk melakukan penelitian-penelitian bagi kepentingan masyarakat banyak,” kata Jokowi.

Usai acara, Andika kepada pers mengatakan mewakili masyarakat Banten mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah membantu mewujudkan cita-cita masyarakat Banten untuk memiliki perguruan tinggi berkelas dunia.

“Tadi dikatakan Pak Presiden mudah-mudahan dengan kemegahan kampus baru ini, ini bisa jadi spirit dalam upaya menjadikan Untirta menjadi perguruan tinggi berkelas dunia,” kata Andika.

Senada dengan Jokowi, Andika juga berharap dengan keberadaan kampus baru tersebut, Untirta dapat berperan lebih banyak lagi dalam membantu Pemerintah Daerah dalam melayani kesejahteraan masyarakat Banten dan memajukan daerah.

“Kemajuan sebuah masyarakat adalah pendidikan, dan di pundak Untirta sebagai perguruan tinggi, masyarakat Banten menyampirkan harapan terkait kemajuan daerahnya,” lanjut Andika.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)