2025, Indonesia Butuh Tambahan Ratusan Juta SDM Cakap Digital

Jum'at, 26 Februari 2021 - 00:02 WIB
loading...
2025, Indonesia Butuh Tambahan Ratusan Juta SDM Cakap Digital
Dalam Survei AlphaBeta dipaparkan proyeksi jumlah pekerja digital yang dibutuhkan di enam negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia, sangat besar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Amazon Web Services (AWS) baru-baru ini merilis hasil survei yang diprakarsainya yang bertajuk Unlocking APAC’s Digital Potential: Changing Digital Skill Needs and Policy Approaches. Survei yang disusun oleh AlphaBeta tersebut menyajikan beragam analisis tentang jenis-jenis keahlian yang diterapkan oleh pekerja masa kini. Lalu memprakirakan jenis-jenis keahlian digital yang nantinya akan sangat dibutuhkan oleh angkatan kerja dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Selain itu, dipaparkan juga proyeksi jumlah pekerja digital yang dibutuhkan di enam negara Asia Pasifik-Indonesia, Australia, India, Jepang, Singapura dan Korea Selatan pada tahun 2025. Berdasarkan riset tersebut terungkap bahwa pekerja-pekerja yang sudah mempunyai keahlian di bidang digital baru mencapai 19% dari seluruh angkatan kerja yang ada di Indonesia. Di sisi lain, untuk mendukung perekonomian dibutuhkan penambahan pekerja digital baru dalam jumlah yang sangat signifikan di tahun 2025, agar mampu selaras dengan setiap perubahan teknologi di masa depan yang sangat dinamis.

Tentang besarnya kebutuhan Indonesia terhadap jumlah pekerja digital tersebut, Dr Fraser Thompson, Co-Founder dan Director AlphaBeta memaparkan, apabila merujuk pada jumlah pekerja digital di Indonesia yang telah mencapai sekira 20 juta pekerja, maka pada 2025 proyeksi kebutuhan terhadap SDM yang membutuhkan keterampilan digital meningkat hingga 136 juta.

“Indonesia masih memerlukan tambahan lebih dari 110-111 juta pekerja digital pada tahun tersebut,” ujarnya. Dia juga mengatakan, untuk mendukung realisasinya dan membantu terwujudnya pertumbuhan perekonomian digital yang makin inklusif, dibutuhkan pelatihan kecakapan digital yang masif.

Lima Kecakapan Digital Paling dibutuhkan Indonesia
Berdasarkan analisis, kecakapan-kecakapan di bidang desain arsitektur cloud, keamanan siber, permodelan data berskala besar, pengembangan web, peranti lunak dan gim, serta kecakapan untuk mendukung operasional peranti lunak menjadi keahlian yang akan paling dibutuhkan Indonesia pada 2025 mendatang.

Temuan menarik lainnya, sebanyak 59% pekerja digital di Indonesia yang saat ini belum mengoptimalkan penerapan kecakapan di bidang komputasi awan menyebutkan, nantinya di tahun 2025 jenis-jenis keahlian tersebut akan sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan mereka masing-masing.

Rata-rata pekerja Indonesia nantinya juga perlu mengembangkan kecakapan-kecakapan digital mutakhir dalam kurun waktu lima tahun ke depan agar mereka mampu selaras dengan dinamika perkembangan dan kebutuhan teknologi di masa depan. Kecakapan tersebut mencakup sejumlah kecakapan digital dasar, seperti mulai memelajari bagaimana menggunakan platform komunikasi daring, perangkat lunak untuk mendukung kolaborasi, hingga kecakapan-kecakapan digital tingkat lanjut, seperti desain arsitektur cloud.

Riset juga menyoroti pentingnya penguasaan di bidang cloud bagi sektor-sektor nonteknologi, seperti manufaktur. Menurut riset ini, 43% pekerja digital di sektor manufaktur juga meyakini bahwa akan dibutuhkan kecakapan baru di bidang desain arsitektur cloud yang wajib mereka kuasai, seiring meningkatnya pengadopsian teknologi di sektor tersebut dalam mendukung terwujudnya rantai suplai yang kian optimal, serta menimbang kondisi peranti-peranti yang ada saat ini.

Bahkan, 48% pekerja digital di sektor manufaktur yang saat ini belum menguasai kecakapan di bidang pemodelan data dalam skala besar yakin bahwa, nantinya di tahun 2025, mereka perlu mengantongi jenis keahlian seperti ini. Insight yang mereka dapatkan dari data dan analitik akan membantu sektor manufaktur dalam menentukan waktu yang tepat dalam melakukan pemesanan di rantai suplai industri. Teknologi ini mendukung mereka dalam memperhitungkan kebutuhan untuk melakukan perawatan mesin atau pemeliharaan perangkat yang lebih antisipatif.

Dukungan AWS untuk Indonesia
Guna mendukung angkatan kerja Indonesia mengembangkan kecakapan di bidang cloud, AWS bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, sebagai bagian dari inisiatif nasional Merdeka Belajar, turut mendukung revitalisasi kurikulum di lima universitas terkemuka dalam negeri. Kelima universitas tersebut akan mengintegrasikan konten edukasi yang dirancang oleh AWS ke dalam kurikulum. Siswa nantinya akan bisa memelajari dasar-dasar mengenai komputasi awan dan teknologi-teknologi terkait, seperti keamanan siber, analitik data, machine learning, hingga Internet of Things (IoT).

“Riset yang kami prakarsai ini menyoroti adanya kebutuhan untuk meningkatkan penguasaan teknologi cloud, bahkan di sektor-sektor nonteknologi, seperti di bidang manufaktur, bagi pekerja di Indonesia,” ucap Tan Lee Chew, Managing Director for ASEAN, Worldwide Public Sector, Amazon Web Services.

“AWS berkomitmen untuk mendukung penyiapan dan pembekalan mahasiswa serta pekerja Indonesia dengan kecakapan di bidang cloud, agar mereka terus dapat mengikuti setiap perkembangan dan dinamika yang terjadi di kancah industri. Kami berharap agar dapat mengakselerasi kegiatan pelatihan ini dalam membantu terbangunnya angkatan kerja masa depan demi mendukung terwujudnya visi Indonesia 4.0,” papar Tan.

AWS menghadirkan serangkaian kegiatan pelatihan gratis yang mencakup lebih dari 80 kursus gratis dalam Bahasa Indonesia, laboratorium interaktif, dan sesi-sesi pelatihan virtual yang bisa diakses melalui tautan AWS Training and Certification. AWS juga menawarkan kepada siswa konten pembelajaran mandiri secara daring mengenai jejak karir di bidang cloud yang mengulas mengenai karir-karir yang banyak diminati saat ini, seperti cloud engineer, cybersecurity specialist, machine learning scientist, maupun data scientist.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3331 seconds (0.1#10.140)