Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Tips Menghindari Petir Saat Hujan

Kamis, 25 Februari 2021 - 13:52 WIB
loading...
Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Tips Menghindari Petir Saat Hujan
Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan dalam tiga hari kedepan cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia akan sangat ekstrem. Hujan lebat disertai peti r akan melanda sejumlah provinsi di Indonesia.

"Berikut disampaikan peringatan dini cuaca 25-27 Februari 2021," tulis akun twitter InfoBMKG. Berdasarkan info tersebut, ada 23 provinsi yang berpotensi hujan lebat disertai petir. (Baca: Musim Hujan Telah Tiba, Ini 3 Dia Ketika Terjadi Petir)

Berdasarkan informasi BMKG, hujan lebat disertai petir pada Kamis (25/2/2021) ini meliputi:
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Kemudian, hujan lebat disertai petir akan berlanjut pada Jumat 26 Februari 2021 di daerah:
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Selanjutnya, hujan lebat disertai petir juga akan terjadi pada Sabtu (27 Februari 2021) di wilayah: Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Dirangkum dari BMKG dan sejumlah sumber, ini beberapa tips agar terhindar dari bahaya petir ketika sedang hujan lebat. (Baca juga: Sempat Hilang, Fosil Cumi-cumi Vampir Ditemukan Kembali di Hungaria)

Pertama, hindari ruang terbuka dan tetap di dalam rumah. Jika sedang berada di luar rumah, cari tempat berlindung yang aman seperti pertokoan dan tetap menjauh dari jendela.

Kedua, segera naik dari air ketika sedang berada di kolam renang saat hujan. Karena air merupakan penghantar listrik yang baik sehingga berbahaya jika masih berada di dalam kolam renang.

Ketiga, jika sedang hujan lebat sebaiknya jangan berteduh di bawah pohon. Karena jika pohon tersebut tersambar petir, energi listriknya bisa mengenai tubuh anda.

Keempat, jika hujan lebat melanda jauhi tempat terbuka seperti lapangan, sawah, taman, atau tempat terbuka lainnya. Karena petir biasanya akan mencari tanah untuk melepaskan energinya. (Baca juga: Krim Pelembab Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Pemakaman China Kuno)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)