Awas, 65 Titik Panas Terdeteksi di Riau, Warga Mulai Cemas Munculnya Kabut Asap

Senin, 22 Februari 2021 - 18:15 WIB
loading...
Awas, 65 Titik Panas Terdeteksi di Riau, Warga Mulai Cemas Munculnya Kabut Asap
Sebanyak 65 titik panas terdeteksi di wilayah Riau. Foto/Ilustrasi
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali melanda Provinsi Riau. Kabut asap pun mulai dirasakan warga. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, menyebut, di Provinsi Riau terdeteksi sebanyak 65 titik panas (hot spot).



Dengan jumlah itu, Riau menempati daerah terbanyak hot spot dibanding dengan provinsi lain di Pulau Sumatera. "Hari ini, Riau, terpantau 65 hot spot yang terpantau di enam kabupaten," kata Staf Analisis BMKG Pekanbaru, Yasir Pramuna, Senin (22/2/2021).



Enam daerah yang terpantau hot spot adalah Kabupaten Bengkalis, 18 titik, Kepulauan Meranti satu titik, Rokan Hilir empat titik, Indragiri Hilir satu titik Pelalawan 32 titik, dan Kota Dumai tujuh titik. "Untuk Pulau Sumatera, totalnya ada 126 hot spot ," imbuhnya.



Terkait keresahan warga, BMKG menyebut bahwa kemungkinan yang muncul saat ini adalah asap . "Kalau dilihat dari arah angin, bisa jadi dari lokasi (kebakaran) yang di Rokan Hilir, Dumai, dan Bengkalis," imbuh Yasir Pramuna.

Warga Pekanbaru, Mirna mengaku resah adanya kebakaran . Bahkan kabut asap sudah mulai dirasakan. "Tadi asap sudah mulai muncul, kita minta pemerintah serius menangani Karhutla ," keluh Mirna.

Hal senada juga diungkapkan Idon. Sarga Panam, Pekanbaru tersebut, mengaku mulai resah dengan munculnya kabut asap yang diduga akibat adanya kebakaran hutan dan lahan . "Tadi bau asap sangat terasa," keluhnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9256 seconds (0.1#10.140)