Berawal dari Hobi, Iseereds Gelar Kompetisi Arowana Bergengsi

Minggu, 21 Februari 2021 - 20:02 WIB
loading...
Berawal dari Hobi, Iseereds Gelar Kompetisi Arowana Bergengsi
Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo akan digelar 3-7 Maret 2021 di Pacific Place Mall, Jakarta. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menjelang Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo yang akan diadakan 3-7 Maret mendatang di Pacific Place Mall, Jakarta, sejumlah persiapan sudah hampir dirampungkan penyelenggara. Ini untuk kali pertama kompetisi ikan Arowana digelar di mal mewah, sekaligus menjadi event perdana untuk Iseereds sebagai breeder Arwana sepanjang 4 tahun keberadaannya.

Baca juga: Dapat Ancaman, Amanda Manopo Takut dan Cemas pada Sosok Ini

Kemunculan Iseereds sebagai pembudidaya ikan asli Indonesia ini terbilang luar biasa dalam rentang waktu relatif singkat. Dimulai dari hobi memelihara ikan Arowana jenis Super Red, yang kemudian diseriusi mencari bibit "ikan naga" ini langsung ke sumbernya, hingga akhirnya mendapat pengalaman memenangkan berbagai kontes Arowana bergengsi di dalam negeri.

"Kami masuk ke dalam dunia Arowana dilatarbelakangi kekaguman melihat postur ikan air tawar ini dan nilai ekonomi yang mengiringinya. Apalagi Arowana merupakan jenis ikan purba yang populasinya hampir punah jika tidak dibudidaya dengan baik dan benar. Saat ini Arowana juga menjadi incaran para pehobi ikan dari beberapa negara Asia lainnya," ujar salah satu pendiri Iseereds, Edy dalam keterangan resminya, Minggu (21/2).

Iseereds berfokus pada budidaya Arowana Asia (Scleropages Formosus) merah berkualitas tinggi yang merupakan ikan endemik Indonesia, dan dapat ditemukan khususnya di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Karena itu Iseereds juga memiliki pusat perkembangbiakan Arowana mandiri di Kapuas Hulu pada provinsi yang sama.

"Memelihara Arowana dipercaya dapat penolak bala dan membawa berkah, makanya Arowana sangat diminati di Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Jepang, dan tentunya Indonesia. Sehingga kami rasa ikan ini berpotensi menjadi devisa non migas yang menjanjikan, apalagi ekspor ikan hias saat ini juga menjadi salah satu perhatian Pemerintah untuk menyumbangkan devisa negara," papar pemilik galeri Arowana di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Selain itu, sambung Edy, tidak seperti ikan hias dan ikan konsumsi lain, Arowana dinilainya memiliki nilai investasi yang baik karena harganya cukup stabil dan tidak mudah anjlok. Apalagi dengan umur hidupnya yang cukup panjang mencapai rata-rata 35-40 tahun, memberi kesan jika ikan ini kekal/abadi. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan Iseereds untuk serius menggarap bisnis Arowana.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, minat khalayak terhadap ikan Arowana semakin meningkat. Situasi yang mengharuskan kebanyakan orang untuk berdiam diri di rumah, justru membuat permintaan Arowana sebagai ikan peliharaan menjadi lebih tinggi. Tentunya hal tersebut berdampak positif terhadap geliat ekonomi para breeder, juga sektor industri yang mendukungnya, seperti penjual pakan dan penyedia perlengkapan budidaya ikan.

"Beruntungnya kami di masa-masa pandemi masih dapat menghasilkan keuntungan dari budidaya Arowana. Namun tentunya, Iseereds bukan sekadar breeder yang menjual Arowana saja, kami juga mengedukasi para pehobi ikan istimewa ini mulai dari mengenali karakter soal Arowana, cara perawatan, hingga budidaya yang baik dan benar. Harapannya agar Arowana lebih dikenal luas lagi sambil melestarikan populasinya," terangnya.

Sebagai spesialisasi Arowana jenis Super Red, Iseereds juga secara khusus membudidayakan ikan untuk kompetisi dengan perlakukan khusus. Untuk para pehobi Arowana, selain di Jakarta, Iseereds juga membuka galeri Arowana di Bandung dan Pontianak yang ditangani masing-masing pendirinya. Semua cabang Iseereds siap menjawab kebutuhan ikan Arowana berkualitas.

"Kami sangat concern soal kualitas ikan yang kami budidaya dan tidak akan berhenti sampai di titik ini saja. Ke depannya kami akan berusaha memenuhi keinginan pasar ikan Arowana baik untuk pasar lokal maupun luar negeri," kata Edy.

Baca juga: The Penthouse 2 Akhirnya Tayang, 6 Fakta Baru Ini Wajib Diketahui

Dukungan atas terselenggaranya event ini juga mengalir disuarakan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Dia berharap dengan adanya Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo ini, budi daya Arowana semakin meningkat kualitasnya dan ikan Arowana yang merupakan salah satu ikan asli Indonesia semakin dikenal luas di luar negeri.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)