Bumi Berdenyut 26 Detik Sekali, Kondisi Genting atau Fenomena Biasa?

Jum'at, 19 Februari 2021 - 07:57 WIB
loading...
Bumi Berdenyut 26 Detik Sekali, Kondisi Genting atau Fenomena Biasa?
Pada tahun 1962, seorang peneliti bernama Jack Oliver menerbitkan sebuah makalah di mana dia mendokumentasikan Bumi berdenyut 26 detik sekali untuk pertama kalinya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat seluruh dunia menjalankan kegiataannya setiap hari, hanya sedikit masyarakat yang tahu bahwa Bumi berdenyut 26 detik sekali . Dikenal sebagai 'mikroseisme', intensitasnya kurang untuk bisa kita rasakan. Namun itu cukup untuk perangkat seismologi untuk mendeteksi dan mengukur.

Jadi apa yang menyebabkan 'denyut' sunyi yang tidak dapat dirasakan miliaran orang di seluruh planet ini? Jawabannya adalah pertanyaan yang diperdebatkan dengan beberapa hipotesis yang mendukung atau saling bersaing. Asal usul perdebatan, bagaimanapun, kembali beberapa dekade ke penemuannya di tahun 1960-an.

Menemukan Denyutan
Pada tahun 1962, seorang peneliti bernama Jack Oliver menerbitkan sebuah makalah di mana dia mendokumentasikan mikroseisme untuk pertama kalinya. Dia menyimpulkan bahwa denyut nadi berasal dari suatu tempat di ekuator atau Samudra Atlantik selatan. Oliver juga mencatat bahwa denyut nadi lebih kuat selama bulan-bulan musim panas di Belahan Bumi Utara; saat musim dingin di Belahan Bumi Selatan.

Mike Ritzwoller, seismolog di University of Colorado, mengatakan kepada Discover, seperti dilansir ibtimes.sg, "Jack tidak memiliki sumber daya pada tahun 1962 yang kami miliki pada tahun 2005 -dia tidak memiliki seismometer digital, dia berurusan dengan catatan kertas." Ritzwoller sendiri kemudian mengalami sendiri fenomena tersebut beberapa dekade kemudian.
Bumi Berdenyut 26 Detik Sekali, Kondisi Genting atau Fenomena Biasa?

Hampir 20 tahun setelah penelitian Oliver, Gary Holcomb, seorang ahli geologi dari US Geological Survey mengamati lebih dekat gempa kecil pada tahun 1980. Dia memastikan bahwa selama badai, mikroseisme adalah yang terkuat. Itu adalah penyelidikan terfokus terakhir terhadap gempa yang aneh dan hampir tidak terlihat.

Melakukan Triangulasi Asalnya
Betapa beruntungnya, pada tahun 2005 ketika Greg Bensen, seorang mahasiswa pascasarjana saat itu, diminta oleh penasihatnya untuk mempresentasikan data seismik yang telah dia pelajari, sebuah penemuan menarik dibuat.

Ritzwoller menceritakan bahwa ketika Bensen menganalisis beberapa data, dia melihat sinyal kuat yang muncul dari lokasi yang jauh. "Segera setelah kami melihat ini, (peneliti pasca doktoral Nikolai Shapiro) dan saya menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh, tetapi kami tidak tahu apa itu," kata Ritzwoller, menurut Discover.
Bumi Berdenyut 26 Detik Sekali, Kondisi Genting atau Fenomena Biasa?

Faktanya, tim bahkan berhasil menemukan asal nadi —di suatu tempat di Teluk Guinea, jauh dari pantai barat Afrika. Tim meneliti penelitian Oliver dan Holcomb dan melakukan penelitian pada 2006. Namun penyebab pasti dari denyut nadi belum disepakati. Sementara beberapa mengaitkannya dengan gelombang, yang lain menganggap aktivitas vulkanik yang bertanggung jawab.

Menemukan Sumber di Tengah 'Kebisingan'
"Kebisingan" atau aktivitas seismik selama waktu tenang —tidak adanya letusan gunung berapi atau gempa Bumi— sangat dikenal di kalangan komunitas ilmiah. Ritzwoller, menjelaskan, Matahari adalah penyebab kebisingan seismik. Karena Matahari cenderung memanaskan ekuator lebih dari dua kutub, arus laut, gelombang, angin, dan badai tercipta. Setelah melakukan kontak dengan garis pantai, energi yang dihasilkan diteruskan ke daratan oleh gelombang.

"Ini seperti jika Anda mengetuk meja Anda. Ini merusak area di dekat buku jari Anda, tapi kemudian menyebar ke seluruh meja. Jadi seseorang yang duduk di sisi lain meja, jika mereka meletakkan tangan, atau mungkin pipi mereka. Di atas meja mereka bisa merasakan getarannya,” jelas Ritzwoller. Meski kebisingan tersebut telah dipelajari selama bertahun-tahun, Ritzwoller mengakui tahun 2005 adalah momen yang menarik baginya.

Pada awal 2010-an, Garrett Euler, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Washington di St. Louis, berhasil lebih mempersempit asal usul denyut nadi ke daerah yang dikenal sebagai Teluk Bonny di Teluk Guinea. Dia mengemukakan, aktivitas seismik tersebut disebabkan oleh imbas gelombang di garis pantai. Pada 2013, Euler mempresentasikan temuannya di konferensi Seismological Society of America.

Gelombang atau Gunung Berapi
Pertentangan dan kontradiksi merupakan bagian integral dari ilmu pengetahuan. Pada tahun 2013, Yingjie Xia dari Institut Geodesi dan Geofisika di Wuhan, China, dan timnya menerbitkan sebuah makalah yang menyarankan bahwa sumber denyutnya ada di mana gunung berapi dan bukan gelombang.
Bumi Berdenyut 26 Detik Sekali, Kondisi Genting atau Fenomena Biasa?

Menariknya, sebuah gunung berapi di Pulau Sao Tome di Teluk Bonny terletak sangat dekat dengan titik asal denyut nadi. Selain itu, Gunung Berapi Aso di Jepang diketahui menyebabkan mikroseisme yang sangat mirip dengan mikroseisme yang sedang dibahas.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)