Lansia Makin Merana

Kamis, 11 Februari 2021 - 05:50 WIB
loading...
Lansia Makin Merana
Kaum lanjut usia termasuk kelompok berisiko mengalami gangguan kesehatan mental di masa pandemi. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Kaum lansia (lanjut usia) rawan terkena gangguan mental di masa pandemi Covid-19 ini. Penyebabnya antara lain perasaan terasing karena harus “ di rumah saja ” dan riwayat penyakit penyerta yang bisa memperparah mereka jika terpapar Covid-19.

Lanjut usia merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Beberapa penyebab di antaranya pertambahan usia individu yang mengalami terjadinya penurunan fungsi tubuh, keterbatasan dalam beraktivitas, hingga kehilangan orang-orang terdekat dalam hidupnya. Keadaan ini diperparah dengan kondisi pandemi yang sudah berlangsung nyaris setahun dan belum tahu kapan berakhirnya. Kondisi ini berpotensi menyebabkan untuk mengalami gangguan mental pada mereka uang berusia lanjut.

“Sejak pandemi Covid-19, 2 dari 5 lansia mengalami gangguan jiwa. Pembatasan sosial meningkatkan isolasi sosial dan rasa kesepian pada lansia selama pandemi,” ungkap dokter spesialis kesehatan jiwa RSUI dr Gina Anindyajati, Sp.KJ dalam sambungan telepon.



Ya, angka gangguan kesehatan mental pada lansia meningkat. Gangguan kesehatan mental ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perasaan terasingkan karena tidak boleh keluar rumah atau cemas dan takut terinfeksi virus.

Fenomena itu pun dibenarkan oleh Dr dr Kuntjoro Harimurti, SpPD-KGer, MSc. Ini didasarkan pada pasien yang ditemuinya selama pandemi Covid-19, di mana kebanyakan lansia mengeluh kondisi psikis yang menjadi permasalahan utama. Gangguan jiwa yang dimaksud banyak jenisnya, akan tetapi yang sering dialami lansia adalah depresi dan kecemasan.

"Kecemasan terkait dengan kekhawatiran terutama pada Covid-19. Sebab, mereka pasti sudah tahu kalau lebih rentan terinfeksi dan mengalami penyakit yang berat. Karena itulah mereka menjadi lebih cemas. Sementara depresi muncul dari kecemasan berlebihan. Mereka merasa tidak berdaya dengan pandemi ini ditambah dengan adanya pembatasan sosial,” ujar konsultan geriatri ini kepada KORAN SINDO.



Untuk pemeriksaan tekanan darah atau gula darah bisa dilakukan secara mandiri. Tapi, untuk pemeriksaan HbA1C (tes darah untuk mendiagnosis diabetes melitus tipe serta mengevaluasi efektivitas terapi diabetes) harus dilakukan tiga bulan sekali di rumah sakit. Alternatif lain adalah memanfaatkan layanan telemedicine (konsultasi via online) yang sudah banyak ditawarkan rumah sakit swasta sejak pandemi.

“Kadang lansia hanya butuh bicara dengan dokternya. Kalau sudah ngobrol, ini cukup untuk menenangkan mereka. Kalau hanya ambil obat saja, mereka belum puas,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)