Mendagri Tito Karnavian Khawatir Efek Pingpong jika Vaksinasi Terlalu Lama

Jum'at, 29 Januari 2021 - 19:15 WIB
loading...
Mendagri Tito Karnavian Khawatir Efek Pingpong jika Vaksinasi Terlalu Lama
Tenaga kesehatan menerima suntikan Vaksin Sinovac tahap dua di RS Husada Utama, Surabaya, Jawa Timur. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian menekankan pentingnya kecepatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 . Percepatan ini mutlak dilakukan secara bersama dan serempak.

Tito mengatakan, jika pelaksanaan vaksin terlalu lama dikhawatirkan menimbulkan efek pingpong akibat rentang waktu yang tidak serempak antargelombang penerima vaksin.

"Sedangkan biaya yang kita keluarkan dengan segala energi yang dikeluarkan juga sudah sedemikian besar dan masif,” katanya dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Jumat (29/1/2021).



Lebih lanjut, Tito ingin daerah membuat terobosan dalam mendistribusikan vaksin agar dapat dilaksanakan dengan cepat, lancar, dan aman. Terutama menyangkut cold chain atau tempat penyimpanan vaksin. Sedangkan untuk TNI/Polri diharapkan dapat membantu aspek pengamanan dan penyaluran.

Dia juga ingin prosesnya vaksinasi di daerah dikontrol dengan cermat agar tidak meleset dari target yang telah ditetapkan. Termasuk dalam hal penetapan kelompok prioritas yang menerima vaksinasi.

Baca juga: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Toraja Dimulai 1 Februari 2021


"Tolong ini disesuaikan betul arahan kebijakan dari Bapak Menkes, tentang prioritas tahapan siapa yang akan divaksinasi. Di samping memanfaatkan data, membuat pendataan berdasarkan data Dukcapil daerah masing-masing atau mau lebih akurat untuk daerah-daerah pilkada dapat menggunakan data pilkada, karena sudah diverifikasi oleh KPUD. Masing-masing bisa untuk digunakan sebagai landasan," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)