Selain APD untuk Tenaga Medis, Pemerintah Terus Racik Obat Alternatif Corona

Jum'at, 17 April 2020 - 15:32 WIB
loading...
Selain APD untuk Tenaga Medis, Pemerintah Terus Racik Obat Alternatif Corona
Kemenkes menjelaskan penggunaan alat pelindung diri coverall disesuaikan dengan risiko penularan seiring dengan penanganan pandemi virus Corona di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan penggunaan alat pelindung diri (APD) coverall disesuaikan dengan risiko penularan seiring dengan penanganan pandemi Covid-19 atau virus Corona di Indonesia.

APD coverall memiliki spesifikasi menutup dari kepala hingga kaki sehingga penggunaannya sangat penting disesuaikan dengan tingkat risiko penularan. (Baca juga: Kemenkes Ungkap Beda Masker Bedah dan N95)

Hal ini dikatakan Sekretaris Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes drg Arianti Anaya, MKM, Di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (17/4/2020).

"Jika tenaga kesehatan bekerja di area dengan infeksi yang sangat tinggi maka diharuskan menggunakan coverall yang mampu menahan cairan, darah, droplet, dan aerosol," kata Arianti Anaya.

Material yang biasa digunakan untuk coverall untuk melindungi tenaga kesehatan di risiko sangat tinggi. Material tersebut biasanya dibuat dari nonwoven atau serat sintetis dengan pori-pori yang sangat kecil, yakni 0,2 sampai 0,54 mikron.

"Tentunya, hal ini harus dibuktikan dengan hasil pengujian dari material yang digunakan di laboratorium yang terakreditasi," katanya.

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia terus mencari obat alternatif untuk membantu penyembuhan pasien corona. Meski belum ditemukan obat dan vaksin yang secara spesifik bisa menyembuhkan pasien Covid-19, beberapa obat alternatif direkomendasikan lembaga kesehatan dunia, di antaranya Chloroquine dan Avigan.

Kabar terbaru, Yiling Pharmaceutical dan anak perusahaannya Beijing Yiling Pharmaceutical dari China telah menerima dokumen persetujuan aplikasi suplemen obat mengenai aplikasi untuk indikasi baru kapsul Lianhua Qingwen dan butiran Lianhua Qingwen yang dikeluarkan State Drug Administration.
Selain APD untuk Tenaga Medis, Pemerintah Terus Racik Obat Alternatif Corona

Dikutip dari PR Newswire, Kapsul Lianhua Qingwen dan butiran Lianhua Qingwen disetujui dengan indikasi dalam pengobatan konvensional pneumonia coronavirus baru yang dapat digunakan untuk jenis demam ringan, umum, batuk, dan kelelahan", Penggunaan dan dosis penderita Covid-19 ringan, pengobatan normal selama 7-10 hari yang dapat ditingkatkan dan seterusnya.

Dalam epidemi domestik, kapsul Lianhua Qingwen (butiran) menjadi obat paten China yang paling sering direkomendasikan untuk penderita Covid-19.

Pada hari keempat hingga ketujuh dari diagnosis pneumonia baru dan skema pengobatan yang terinfeksi oleh coronavirus yang diterbitkan oleh komisi kesehatan negara (State Health Commission) dan administrasi obat tradisional Cina (the state administration of traditional Chinese medicine) dianjurkan untuk mengambil obat paten Cina Lianhua Qingwen kapsul (granula) untuk pencegahan dan pengobatan pasien dengan kelelahan dan demam selama periode pengamatan medis.

Kemanjuran kapsul Lianhua Qingwen (granula) dalam pengobatan Covid-19 telah dikonfirmasi oleh eksperimen dasar dan studi klinis. Tim Zhong Nanshan baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah berjudul "The antiviral and anti-inflammatory effect of the antipyretic plague on novel coronavirus" dalam jurnal internasional "Pharmacology Research", yang merupakan artikel penelitian dasar pertama dari obat paten Tiongkok yang efektif terhadap SARS-Cov- 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)