Vaksinasi Dosis Kedua, Dokter Abdul Muthalib Ngaku Lebih Tenang Suntik Jokowi

Rabu, 27 Januari 2021 - 09:40 WIB
loading...
Vaksinasi Dosis Kedua, Dokter Abdul Muthalib Ngaku Lebih Tenang Suntik Jokowi
Dokter Abdul Muthalib, vaksinator Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku lebih tenang saat menyuntik Kepala Negara saat vaksinasi dosis kedua tadi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dokter Abdul Muthalib , vaksinator Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengaku lebih tenang saat menyuntik Kepala Negara. Sebab ia sudah terbiasa sejak melakukan vaksinasi pertama kepada Presiden.

"Lebih tenang karena sudah terbiasa dengan vaksinasi pertama," tutur Muthalib di sela-sela vaksinasi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memercayakan dirinya sebagai vaksinator COVID-19. Ia pun menegaskan bahwa vaksin yang diberikan ke Jokowi adalah merk Sinovac Biotech Ltd asal China.

"Saya ingin jelaskan vaksin yang saya berikan adalah vaksin Sinovac," jelas Muthalib.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan vaksinasi pertama ditujukan untuk mengenalkan kandungan vaksin pada sistem kekebalan tubuh. "Jadi untuk memicu respons kekebalan awal," katanya. Baca juga: Usai Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua, Jokowi Yakin Efeknya Sama Cuma Pegal-pegal

Sedangkan vaksinasi kedua ditujukan untuk memperkuat respons imun yang telah terbentuk sebelumnya agar lebih optimal. "Harap diingat antibodi baru akan optimal pada 14 sampai 28 hari setelah suntikkan kedua," tutup Reisa.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)