PM Italia Mengundurkan Diri di Tengah Krisis COVID-19

Selasa, 26 Januari 2021 - 23:20 WIB
loading...
PM Italia Mengundurkan Diri di Tengah Krisis COVID-19
Perdana Menteri (PM) Italia, Giuseppe Conte, mengundurkan diri di tengah pandemi COVID-19. Foto/The Guardian
A A A
ROMA - Perdana Menteri (PM) Italia , Giuseppe Conte, mengundurkan diri di tengah pandemi COVID-19 . Ini membuat Italia masuk dalam krisis politik baru setelah Conte mendapatkan mosi tidak percaya pada pekan lalu.

Conte berhasil lolos dari mosi tidak percaya setelah partai yang dipimpin oleh pendahulunya Matteo Renzi, Viva Italia menarik diri. Meski begitu, Conte kehilangan kursi mayoritas di Senat Italia.

Menurut pernyataan Istana Presiden Italia, Conte telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Sergio Mattarella pada Selasa (26/1/2021).



"Presiden akan memulai konsultasi dengan para pemimpin partai politik utama negara pada Rabu sore," kata pernyataan itu seperti dikutip dari News9.com.au.

Jika Conte, yang bukan anggota partai, mendapat cukup dukungan, Mattarella bisa memintanya membentuk koalisi baru. Pilihan lain untuk memecahkan kebuntuan adalah dengan mempercepat pemilu, dua tahun lebih awal.

"Presiden Republik mempertahankan keputusannya dan telah meminta pemerintah untuk tetap menjabat untuk pengelolaan urusan biasa," kata pernyataan itu.

Jika Conte menerima mandat, dia kemungkinan akan mencari koalisi yang lebih luas dan menambahkan lima senator lagi.



Tanpa mayoritas Senat, Conte akan berjuang untuk mengesahkan undang-undang yang efektif pada saat krisis bagi negara Eropa itu, yang telah menderita ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun di samping tantangan ekonomi baru di tengah pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)