Mega dan JK Maju Pilpres 2024, Regenerasi Kepemimpinan Mandek

Selasa, 26 Januari 2021 - 15:03 WIB
loading...
Mega dan JK Maju Pilpres 2024, Regenerasi Kepemimpinan Mandek
Try Soetrisno, Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri, dan Jusuf Kalla (JK) dalam sebuah acara. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Spekulasi majunya dua politikus gaek Megawati Soekarnoputri dan Jusuf Kalla (JK) maju dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 bisa saja jadi kenyataan. Namun, ini menandakan mandeknya regenerasi.

Baca Juga: Pemain Muslim Liverpool Dipersilakan Salat Sebelum Tanding, Klopp Tegaskan Skuadnya Saling Memahami

Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam berpendapat bahwa di dalam politik semua kemungkinan selalu ada. "Apalagi melihat politik internasional dengan menangnya Biden dan Mahathir Mohammad sehingga menginspirasi tokoh-tokoh politik tua di Indonesia," ujar Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Fakta Kasus Dugaan Rasial Ambroncius Nababan terhadap Natalius Pigai

Arif menilai kalau dilihat dari syarat dukungan partai politik (parpol), Megawati dan Jusuf Kalla memiliki peluang untuk memperoleh dukungan parpol. "Karena mereka merupakan para dedengkot politik," tuturnya.

Baca juga: Jejak Megawati dan JK dari Pilpres ke Pilpres


Hanya saja, menurut dia, kalau melihat peluang dari sisi elektabilitas sampai saat ini, kedua tokoh tersebut masih jauh untuk memiliki peluang menang jika benar maju dalam pilpres. "Di sisi lain, jika kedua tokoh tersebut maju juga bisa dibaca sebagai gejala mandeknya regenerasi kepemimpinan di level nasional," ujarnya.

Baca Juga: Ternyata, Setiap Anggota Tubuh Wajib Disedekahi

Lalu, apakah masyarakat lebih suka tokoh tua atau yang muda untuk pilpres? "Tentu masih sangat dinamis. Namun pemilih 2024 didominasi oleh pemilih milenial, sehingga kemungkinan mereka lebih memilih tokoh muda dengan harapan ada perubahan dan terobosan," pungkasnya.



Sebelumnya, Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun (RH) memprediksi Megawati dan Jusuf Kalla (JK), kembali bertarung ke dalam Pilpres. Prediksi itu disampaikannya pada video berjudul 'BUKAN TIDAK MUNGKIN 2024 JK DAN MEGA NYAPRES LAGI!!' yang tayang di Channel YouTube Refly Harun.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)