Komisi IV DPR Sesalkan Rencana Pemotongan Anggaran Kementan

Senin, 25 Januari 2021 - 15:22 WIB
loading...
Komisi IV DPR Sesalkan Rencana Pemotongan Anggaran Kementan
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sudin menyesalkan adanya rencana pemangkasan anggaran tahun 2021 untuk Kementerian Pertanian ( Kementan ). Menurut Sudin, sektor pertanian merupakan sektor yang harus diprioritaskan di tengahn ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid 19 yang berkepanjangan.

"Saya sangat menyayangkan adanya rencana pemotongan anggaran sebesar Rp 6 triliun. Padahal dimasa pandemi ini kita sangat membutuhkan peningkatan produksi pangan," ujar Sudi melalui keterangan tertulis, Senin, (25/1/2021).



Sebelumnya, di tahun 2020 anggaran Kementan dipangkas sekitar Rp 7 triliun dari sebelumnya Rp 21 triliun. Menurut Sudin, pemangkasan anggaran untuk sektor pertanian kurang tepat lantaran kebijakan pembangunan pertanian cukup besar. Terlebih lagi, sektor pertanian sangat strategis dan tidak terpengaruh terhadap krisis ekonomi yang melanda dunia.

"Di tengah kesulitan akibat pandemi Covid 19, sektor pertanian sangat strategis dan mampu menyumbang pertumbuhan perekonomian nasional," katanya.



Oleh karena itu, Sudin meminta kepada seluruh jajaran Kementan untuk meningkatkan sinergitas antar Kementerian dan Lembaga dalam menggandeng mitra kerja. Langkah ini penting dilakukan untuk menambah pendanaan operasional peningkatan pertanian. "Saya sangat berharap terbuka hatinya Menteri Keuangan untuk mengembalikan anggaran ke Kementan supaya kita tidak terkena krisis pangan," tutupnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3346 seconds (0.1#10.140)