Menkeu Akan Tingkatkan Kapasitas Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Rabu, 20 Januari 2021 - 03:59 WIB
loading...
Menkeu Akan Tingkatkan Kapasitas Tempat Isolasi Pasien Covid-19
Ilustrasi rumah sakit rujukan Covid-19. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus melakukan penanganan kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah akan mendorong peningkatan kapasitas tempat tidur di beberapa rumah sakit baik di daerah maupun pusat.

"Kita sudah melihat beberapa daerah mengalami peningkatan (kasus positif Covid-19) dan oleh karena itu kebutuhan ruang isolasi dan juga ruang perawatan menjadi meningkat," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (19/1/2021).

( )

Dia pun sudah berkoordinasi degan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit baik BUMN, swasta, dan rumah sakit daerah lainnya agar memberikan tambahan kapasitas untuk tempat tidur bagi perawatan pasien Covid-19. "Penanganan covid dan untuk membantu masyarakat serta dunia usaha yang menghadapi kondisi yang luar biasa," katanya.

Selain itu, pemerintah juga bakal memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat bagi pasien gejala ringan dan tanpa gejala. Sedangkan untuk pasien gejala ringan dan tanpa gejala dapat dirujuk turun ke fasilitas isolasi terpusat misalnya di Wisma Atlet asrama haji, gedung diklat, hotel-hotel dan lain-lain.

( )

Disamping itu pemerintah juga akan menambah jumlah tenaga kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia. Setidaknya 8.572 tenaga kesehatan akan diperbantukan di 148 fasilitas kesehatan yang tersebar di tanah air. "Kita memanfaatkan fasilitas isolasi bagi mereka yang gejala ringan dan tanpa gejala," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)