Kementan Ajak Penyuluh Bangkitkan Semangat Petani Atasi Dampak Bencana

Rabu, 20 Januari 2021 - 02:04 WIB
loading...
Kementan Ajak Penyuluh Bangkitkan Semangat Petani Atasi Dampak Bencana
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi (kanan) didampingi Koordinator Substansi Evaluasi dan Pelaporan (Evalap) BPPSDMP Septalina Pradini pada acara video conference Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) di Jakarta, Selasa (19/1/2021). (Foto: Dok. Pusluhtan)
A A A
JAKARTA - Penyuluh pertanian di provinsi dan kabupaten/kota yang terdampak bencana alam diharapkan tetap membangkitkan semangat petani mengatasi dampak banjir, gempa bumi dan tanah longsor.

“Caranya? Identifikasi lahan pertanian yang terdampak bencana, sebagai langkah awal untuk membangun kembali pertanian setelah dilanda bencana alam,” kata Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi pada video conference (Vcon) Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

(Baca juga:Kementan Dorong Penyuluh Pertanian Terus Ikuti Pelatihan dan Pendidikan)

Seruan tersebut, kata Dedi Nursyamsi, dikemukakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat merespon bencana banjir yang melanda sejumlah provinsi, utamanya Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

“Semua sektor kehidupan terganggu akibat bencana alam, tak terkecuali sektor pertanian, maka pertanian harus segera bangkit, karena kita harus menyediakan pangan bagi seluruh rakyat,” kata Mentan Syahrul.

(Baca juga:Penyuluh Pertanian harus Aktif Input dan Update Data Petani)

Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) meminta Balai Penyuluhan Pertanian selaku Komando Strategis Pembangunan Pertanian (BPP KostraTani) di wilayah terdampak bencana, untuk identifikasi lahan pertanian terdampak bencana alam.

“Langkah itu akan menjadi awal untuk membangunkan pertanian pasca bencana alam. Penyuluh di BPP KostraTani juga harus terus semangat. Semua harus tetap semangat, meskipun kita di tengah pandemi Covid-19 dan dilanda bencana,” katanya didampingi Koordinator Substansi Evaluasi dan Pelaporan (Evalap) BPPSDMP, Septalina Pradini.

(Baca juga:Mentan Ajak Penyuluh Pertanian Paham Agroklimat Antisipasi La Nina)

Dedi Nursyamsi mengakui bahwa penyuluh di Sumedang, Jabar yang terdampak longsor maupun Kalsel dan Sulbar yang terdampak banjir dan gempa bumi ikut menderita akibat bencana alam. “Namun tetap jaga semangat dan kinerja mendampingi dan mengawal kondisi fisik dan psikologis petani,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)