Sarang Burung Walet RI Laris di Mancanegara, Diburu China dan 23 Negara Lain

Minggu, 17 Januari 2021 - 08:49 WIB
loading...
Sarang Burung Walet RI Laris di Mancanegara, Diburu China dan 23 Negara Lain
Selain China, ada 23 negara tujuan ekspor lain bagi Sarang Burung Walet (SBW) RI, antara lain Australia, USA, Kanada, Hongkong, Singapore, Afrika Selatan dan lainnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil menyampaikan, bahwa selain China , ada 23 negara tujuan ekspor lain bagi Sarang Burung Walet (SBW) RI, antara lain Australia, USA, Kanada, Hongkong, Singapore, Afrika Selatan dan lainnya.

"Setiap negara tujuan memiliki protokol ekspor masing-masing dan kami selaku otoritas karantina mengawal persyaratan teknisnya," kata Jamil di Jakarta, Minggu (17/1/2021).



Lebih lanjut Ia menyebut pihaknya telah memiliki laboratorium pengujian yang telah diakui oleh negara mitra dagang. Selain percepatan layanan, pihaknya juga juga terus melakukan inovasi teknologi perkarantinaan untuk memfasilitasi pertanian diperdagangan internasional.

Jamil kembali menambahkan, partisipasi dan dukungan dinas pertanian, peternak dan masyarakat dalam menjaga keberlangsungan komoditas SBW sangat diperlukan. Salah satunya terhadap ancaman penyakit flu burung atau avian influenza (AI).



"Kita pernah mengalaminya di tahun 2005 dan diperlukan upaya yang panjang untuk mengendalikannya," tuturnya.

"Bersama kita jaga, laporkan jika melaluilintaskan unggas khususnya kepada petugas karantina agar SBW tetap dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional, " tukas Jamil.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)