20 Nasihat Indah Syekh Ali Jaber

Sabtu, 16 Januari 2021 - 16:53 WIB
loading...
20 Nasihat Indah Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber dikenal sebagai Dai dengan tausiyah-tausiyahnya yang menyejukkan hati. Foto/Ist
A A A
Ulama kelahiran Madinah yang juga Hafizh Qur'an Syekh Ali Jaber telah pergi meninggalkan kita Kamis kemarin (14/1/2021). Umat Islam di Indonesia tentu sangat berduka karena tercabutnya ilmu dari ulama pewaris Nabi itu.

Syekh Ali Jaber memang dikenal sebagai Dai yang teduh dengan tausiyah-tausiyahnya yang menyejukkan hati. Beliau juga menguasai ilmu Al-Qur'an dan hikmah. Semasa hidupnya, Syekh Ali Jaber dikenal sebagai pribadi yang murah senyum. Ketika wafatnya, beliau pun mengembuskan nafas terakhir dalam keadaan tersenyum.



Beliau dimakamkan di Kompleks Ponpes Tahfizh Darul Qur'an Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Berikut 20 nasihat indah beliau ketika menyiarkan dakwah Islamiyah di Indonesia. Nasihat ini dikutip dari akun Instagram @syekh.alijaber dan beberapa sumber.

1. Bahagia itu ibarat kupu-kupu. Jika kamu mengejarnya, ia lari darimu, tapi jika kamu duduk dengan tenang, ia akan turun ke tanganmu. Maka bersabarlah karena sabar itu indah.

2. Hidup tidak akan berhenti. Allah senantiasa mengiringnya dengan kelembutan dan rencana-Nya dengan harapan baru dan tekad yang tidak pernah hilang.

3. Saat kamu sakit gigi, ingatlah Rasulullah yang giginya patah karena perang. Saat kamu difitnah, ingatlah Rasulullah difitnah penyihir dan gila.

4. Jangan memberitahu sesiapa pun tentang maksiatmu karena dua sebab. Pertama, karena maksiat bukan untuk dibanggakan. Kedua, karena manusia takkan melupakan keburukanmu walaupun kamu telah bertaubat.

5. Bila yang ditimpa musibah itu orang yang kita cinta, maka kita akan katakan itu penghapus dosa. Bila yang ditimpa musibah itu orang yang kita benci maka kita akan mengatakan itu hukuman dari Allah. Berhati-hatilah jangan menghukumi takdir Allah dengan hawa nafsu kita.

6. Jika seseorang hamba tahu bagaimana Allah mengatur seluruh hidupnya, maka dia akan menyadari bahwa Allah mencintainya lebih dari cinta kedua orang tuanya sehingga hatinya akan condong mencintai Allah.

7. Kaca yang pecah, suaranya akan hilang dan meninggalkan serpihan yang akan melukai siapa yang menyentuhnya. Begitu juga perkataan yang melukai hati, suaranya akan cepat hilang tapi lukanya akan kekal untuk waktu yang lama. Karena itu, janganlah berkata sesuatu kecuali yang baik-baik saja.

8. Jika kamu merasa sangat nyaman, aman dan tanpa rasa takut di kediamanmu, apalagi yang kamu harapkan selain itu? Puji dan syukur kepada Allah atas kebahagiaan yang kamu miliki dan akuilah nikmat itu dengan pengakuan yang tulus.

9. Saya sering bilang, jangan pandangi wanita yang belum berhijab. Jangan pandangi dia dengan penilaian buruk. Barangkali dia punya dua rakaat Tahajjud di sisi Allah, sehingga segala dosanya terampuni. Kita tak tahu hati dan urusan manusia dengan Allah, masing-masing punya rahasia dengan Allah.

10. Hati akan mati tanpa Al-Qur'an. Hati akan keras jika tidak diobati dengan Al-Qur'an. Hati juga tidak akan bahagia kecuali dengan Al-Qur'an. Maka jadikanlah Al-Qur'an sahabat yang selalu menemanimu. Sunggu Al-Qur'an akan memberi petunjuk ke jalan yang lurus.

11. Setiap kebaikan yang kamu kerjakan, engkau akan dapatkan perlindungan Allah dan jalan keluar dari kesulitan. Mungkin kebaikanmu dilupakan orang lain, akan tetapi Allah tidak akan lupa!

12. Jika engkau merasa tidak hidup bahagia, Maka ketahuilah, engkau tidak mengerjakan sholat dengan baik.

13. Tiga hal yang harus selalu ada dalam memorimu. (1) Tak ada yang selamat dari kematian (2) Tak ada ketentraman di dunia (3) Tak seorang pun aman dari perkataan manusia.

14. Hidup kita susah tidak punya uang untuk mencukupi kebutuhan sehari hari? Sedangkan Rasulullah berbulan-bulan hanya makan kurma di rumahnya tidak ada sesuatu untuk dimasak.

15. Kamu lelah beribadah kepada Allah? Bayangkan Rasulullah shalat sampai tumitnya itu melepuh retak karena lama berdiri.

16. Sungguh indah jika anda memberi dan tahu bahwa yang akan membalas pemberian anda bukanlah manusia tetapi pencipta manusia.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)