Waspadai Serangkaian Gejala Covid-19 yang Tidak Umum

Sabtu, 16 Januari 2021 - 05:15 WIB
loading...
Waspadai Serangkaian Gejala Covid-19 yang Tidak Umum
Pada beberapa orang, gejala yang kurang khas seperti ruam atau delirium adalah satu-satunya gejala yang mereka alami. / Foto: Ilustrasi/Medical Xpress
A A A
JAKARTA - National Health Service (NHS) menyoroti tiga gejala utama yang terkait Covid-19 . Gejala tersebut antara lain suhu tinggi, merasa panas saat disentuh di dada atau punggung, batuk baru dan terus menerus atau batuk lebih dari satu jam, atau 3 atau lebih episode batuk dalam 24 jam.

Baca juga: Bukan Cuma Vaksin, Ini Strategi Kemenkes Selesaikan Pandemi Covid-19 di Indonesia

Kehilangan atau perubahan pada indera penciuman atau perasa Anda, yang mana Anda tidak dapat mencium atau merasakan apa pun, atau hal-hal yang berbau atau rasa berbeda dari biasanya. Namun, Covid-19 juga dapat menghasilkan serangkaian gejala yang kurang jelas yang harus diwaspadai.

Banyak dari gejala ini telah dicatat di aplikasi Zoe Covid Symptom Study, yang memiliki lebih dari 4 juta kontributor. Seperti dilansir Daily Express, adapun gejala tersebut di antaranya adalah sakit kepala dan kelelahan adalah gejala awal Covid-19 yang paling umum, sakit tenggorokan, kehilangan nafsu makan, dan sesak napas juga sering dilaporkan.

Di sisi lain, delirium adalah gejala umum pada orang tua dan ruam terlihat di sekitar delapan infeksi. Pada beberapa orang, gejala yang kurang khas seperti ruam atau delirium adalah satu-satunya gejala yang mereka alami. Menurut data, hilangnya bau atau rasa adalah salah satu gejala awal utama Covid-19 dan merupakan prediktor infeksi terbaik.

Seperti yang ditunjukkan para peneliti, Anda dapat dengan mudah tes diri Anda setiap hari dengan mengendus sesuatu yang beraroma kuat, seperti kopi atau lilin atau sabun beraroma. Berdasarkan analisis peneliti bahwa orang yang memiliki gejala mencurigakan harus mengisolasi diri dan menjalani tes, bahkan jika mereka tidak memiliki gejala klasik.

"Tes saja tidak akan menghentikan penyebaran, seperti halnya gelombang sebelumnya," kata Tim Spector OBE, ilmuwan utama di aplikasi Zoe Covid Symptom Study dan Profesor Epidemiologi Genetik di King's College London.

Orang perlu mengetahui semua gejala dan tidak hanya fokus pada tiga gejala utama yang melewatkan lebih dari 20% kasus. Sakit kepala , kelelahan, diare, nyeri otot, melewatkan makan, dan kebingungan hanyalah beberapa gejala lain yang terkait dengan Covid-19.

Baca juga: Mengapa Vaksin Covid-19 Penting saat Pandemi? Ini Jawabannya

"Jika ada yang menderita semua ini selama beberapa minggu mendatang, tinggallah di rumah, isolasi diri, dan lakukan tes," tandasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)