Ada PPKM untuk Cegah COVID-19, Begini Shaf Salat Jumat di masjid Al-Akbar Surabaya

Jum'at, 15 Januari 2021 - 23:20 WIB
loading...
Ada PPKM untuk Cegah COVID-19, Begini Shaf Salat Jumat di masjid Al-Akbar Surabaya
Jamaah mengikuti ibadah Salat Jumat dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/1/2021). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Shaf ibadah Salat Jumat di Masjid Al-Akbar Surabaya, semakin melebar. Jika sebelumnya dalam masa Pandemi COVID-19 berjarak 1 meter antar jemaah, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini menjadi senggang hingga enam orang.



Humas Masjid Al Akbar, Helmy M. Noor mengatakan, pengaturan jarak tersebut bertujuan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19 yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

Selain itu dengan adanya kebijakan PPKM, pengurus Masjid Al-Akbar juga membatasi jumlah jemaah . Pembatasan itu, kata dia tidak dilakukan secara langsung, namun sudah disiapkan tanda khusus bagi setiap jemaah yang mengikuti salat.



"Di lantai satu kita kasih stiker shaf sebanyak 4000 . Sedangkan di lantai dua 1000," katanya. Jumlah tersebut, lanjutnya hanya diisi 25 persen dari total kapasitas Masjid Al-Akbar . Lantai satu bisa menampung 30.000 orang, dan lantai 2 yang berkapasitas 6000 orang.

Helmy menegaskan, selama pandemi COVID-19 pihaknya tetap mentaati protokol kesehatan ketat . Setiap jemaah yang masuk Masjid harus melalui sejumlah tahapan. Seperti cek suhu tubuh, wajib mengenakan masker, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan menjaga jarak.



"Semoga kita semua terhindar dari wabah dan semoga pandemi ini segera berlalu supaya kita semua bisa menjalankan ibadah dengan tenang," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)