5 Tips Belajar Sains dan Matematika Secara Efektif

Selasa, 12 Januari 2021 - 09:12 WIB
loading...
5 Tips Belajar Sains dan Matematika Secara Efektif
Departemen Kimia, FMIPA UI menginspirasi anak-anak untuk belajar sains secara menyenangkan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang belajar sains dan matematika mungkin menjadi pelajaran yang sulit dipahami. Namun ada 5 tips yang bisa dilakukan agar bisa mempelajari sains dan matematika secara efektif.

Dikutip dari Instagram resmi Kemendikbud di @kemdikbud.ri, dalam mempelajari matematika dan sains terkadang memang membutuhkan usaha lebih untuk memahaminya. (Baca juga: Sepanjang 2020, Pelajar Indonesia Raih 68 Penghargaan Internasional )

Lalu bagaimana cara belajar sains dan matematika agar lebih mudah memahaminya? Kemendikbud menjabarkan, tips pertama adalah gunakan tehnik hafalan seru. Yakni dengan menggunakan pemisalan atau analogi yang membawa konsep materi kepada apa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Tips kedua menurut akun yang sudah kerap menyapa pembacanya dengan SahabatDikbud ini, yakni potonglah materi pelajaran menjadi konsep-konsep kecil. Yakni dengan mengingat sesuatu dengan memilahnya ke dalam kelompok-kelompok kecil.

Selanjutnya, belajar matematika dan sains agar lebih mudah dipahami ialah dengan melakukan latihan soal. Untuk mengetahui apakah kamu sudah menguasai sebuah materi atau belum disertai dengan evaluasi. (Baca juga: Maksimalkan Vokasi Siswa, Kemendikbud Bangun 500 SMK Pusat Keunggulan )

Tips keempat yang bisa diterapkan ialah carilah waktu belajar selagi kondisi badan masih fresh. Belajar sains dan matematika bisa lebih menyenangkan dilakukan ketika pagi hari yakni ketika energi mentalmu masih banyak.

Tips terakhir adalah ketekunan lebih penting daripada kecerdasan. Memahami konsep-konsep dalam matematika atau Ilmu Pengetahuan Alam membutuhkan sebuah skill yang harus terus diasah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)