Hindari Spekulasi Politik, Risma Disarankan Blusukan di Luar Jakarta

Senin, 11 Januari 2021 - 11:49 WIB
loading...
Hindari Spekulasi Politik, Risma Disarankan Blusukan di Luar Jakarta
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma. Foto/Arief Julianto
A A A
JAKARTA - Blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjadi sorotan luas. Aksi mantan Wali Kota Surabaya yang biasa disapa Risma ini menimbulkan spekulasi dirinya akan menjadi pesaing Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta 2022.

Kendati demikian Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai keberadaan Risma tidak untuk mendelegitimasi pengaruh atau citra dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

(Baca juga : Pembatasan Aktivitas Jawa-Bali Berlaku Hari Ini Bikin Kurs Rupiah Loyo )

Menurut dia, fokus tugas menteri yang biasa disapa Risma ini tidak hanya mengurusi masalah sosial di Jakarta saja, tetapi seluruh wilayah yang menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena itu agar tidak menimbulkan spekulasi politik maka sebaiknya Risma segera fokus juga ke daerah selain DKI. "Risma bisa melakukan blusukan turun langsung ke akar rumput untuk melihat langsung masalah sosial yang terjadi di daerah," tutur Karyono kepada SINDOnews, Senin (11/1/2021). ( )

Menurut Karyono, blusukan memang bukan tujuan, tapi suatu metode atau cara untuk memecahkan persoalan dengan melihat, mendengar, menganalisa lalu memutuskan kebijakan berdasarkan pengamatan realitas sosial yang terjadi di lapangan.

"Meskipun saya tidak menampik, dalam iklim politik saat ini dibutuhkan pencitraan dibutuhkan untuk menarik simpati publik," tandasnya.

(Baca juga : Ikatan Pilot Pelototi Proses Investigasi Kecelakaan Sriwijaya Air )

Dalam konteks ini, Karyono menilai gaya blusukan Risma di beberapa tempat di Jakarta telah menimbulkan pelbagai spekulasi. Ada yang menghubungkan blusukan Mensos yang baru ini dengan agenda pilkada DKI mendatang, sehingga dihadap-hadapkan dengan Anies Baswedan. Di lain pihak, ada pula yang menghubungkan dengan agenda pilpres 2024. (Baca Juga: Siasat Pengusaha Hotel dan Restoran untuk Tetap Bergerak di Tengah Pandemi

Apalagi, lanjut Karyono, Risma sudah lama digadang-gadang untuk maju di Pilkada DKI Jakarta. Nama Risma bahkan sudah muncul sejak Pilgub 2017 lalu. Saat itu, nama Risma sudah mencuat dalam sejumlah hasil survei. Padahal, waktu itu Risma baru saja menjalankan tugas sebagai wali kota Surabaya untuk periode kedua.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)