OPM Bakar Pesawat Misionaris di Bandara Pagamba Intan Jaya Papua

Kamis, 07 Januari 2021 - 15:46 WIB
loading...
OPM Bakar Pesawat Misionaris di Bandara Pagamba Intan Jaya Papua
Foto hanggar pesawat MAF di Nabire Papua. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
INTAN JAYA - Sekelompok orang yang mengklaim sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyerang dan membakar pesawat terbang sipil di Bandara Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya , Papua.

(Baca juga: OPM Kalikopi Diduga Kelompok Bersenjata yang Menembaki Helikopter di Tembagapura)

Pesawat jenin Twin Otter milik perusahaan MAF dengan call sign PK-MAO itu dibakar di perbatasan Intan Jaya dengan Nabire, Papua, Rabu (6/1/2021). Aksi penyerangan dan pembakaran terjadi saat pesawsat bersiap untuk lepas landas dari Bandara Pagamba menuju Kota Nabire, Papua.

(Baca juga: Begini Kondisi Mobil Eks Trio Macan Chacha Sherly Usai Tabrakan Maut di Tol Semarang)

Pesawat milik misionaris MAF yang kerap beroperasi untuk melayani masyarakat di pedalaman Papua yang dipiloti oleh Pilot Alex Lupice itu membawa 7 orang penumpang. Awalnya pesawat ditahan oleh sekelompok orang di tengah Bandara perintis di Kampung Pagamba saat sedang bersiap untuk take off.

"Ada tujuh orang penumpang di dalam pesawat itu. Mereka semuanya termasuk pilot sudah di dalam pesawat, tiba-tiba ada satu rombongan orang datang dan menahan pesawat dan memaksa pilot serta seluruh penumpang untuk turun dari pesawat dan mereka melakukan keributan serta menyerang pilot dan penumpang" ungkap salah seorang karyawan MAF Nabire.

Pilot kemudian keluar dari pesawat dan hendak menanyakan masalah keributan itu. Namun sekelompok orang tersebut hendak menyerang pilot dengan panah dan alat tajam. Beruntung ada jemaat dari gereja setempat yang langsung menyelamatkan pilot dan dibawa ke gereja dekat bandara perintis tersebut," ungkapnya.

Pilot bernama Alex Lupice berkebangsaan Amerika serikat tersebut lolos dari serangan kelompok orang tersebut dan berhasil di evakuasi ke kota Nabire pada Kamis (7/1/2021) melalui Wamena.

Tak hanya menyerang pilot pesawat, sekelompok orang tersebut juga melakukan pembakaran pesawat. Base Manager MAF Nabire Paul Iswanto saat dikonfirmasi enggan menjelaskan peristiwa tersebut. Menurut Paul seluruh informasi terkait kejadian tersebut dapat ditanyakan langsung kepada pihak MAF induk di Sentani Jayapura.

"Kami sudah diminta untuk tidak menyampaikan informasi apapun ke publik. Jika membutuhkan informasi dapat melalui MAF Sentani di Jayapura" ungkap Paul di kantor MAF Nabire, Kamis (7/1/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)