Pandemi Corona, Kontribusi Pihak Swasta Dinilai Sangat Membantu

Kamis, 14 Mei 2020 - 16:46 WIB
loading...
Pandemi Corona, Kontribusi Pihak Swasta Dinilai Sangat Membantu
Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia pengaruhi semua sektor kehidupan. Karenanya, dibutuhkan peran dan kontribusi masing-masing. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia mempengaruhi semua sektor kehidupan. Karenanya, dibutuhkan peran dan kontribusi masing-masing untuk mengatasi virus tersebut.

Kepedulian pihak swasta dinilai sangat membantu dalam mengatasi pandemi corona ini. Seperti yang dilakukan Tokopedia untuk menyalurkan bantuan senilai Rp500 juta melalui Baznas Bazis DKI Jakarta.

Bantuan tersebut untuk Penanganan PSBB Melalui Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). (Baca juga: Bebani Masyarakat, PAN Desak Pemerintah Batalkan Kenaikan BPJS Kesehatan)
Pandemi Corona, Kontribusi Pihak Swasta Dinilai Sangat Membantu

Donasi tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni kepada Wakil Gubernur Pemprov DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Kyai Luthfi Fathullah, di Ruang Rapat Wagub, Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu 13 Mei 2020, sebagaimana rilis yang diterima, Kamis (14/5/2020).

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ini, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, hadirnya pihak swasta sangat dibutuhkan dalam membangun partisipasi penanganan wabah Covid-19 di DKI Jakarta.

"Hadirnya pihak swasta itu sangat dibutuhkan untuk membangun partisipasi.Kami tidak menerima langsung bantuan itu, sehingga kami hanya memberikan kesempatan, peluang, mendorong, mengkoordinasikan dan mempertemukan antara kedua pihak, pihak pemberi dan pihak penerima, kolaborator yang nanti akan diteruskan ke warga," papar Ahmad Riza.

Ahmad Riza juga mengapresiasi, partisipasi dan dukungan donasi yang berikan oleh Tokopedia. Ia pun juga mengapresiasi masyarakat umum, termasuk semua donatur yang berasal dari dunia usaha maupun pihak swasta yang telah berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam menangani dan menanggulangi pandemi Covid-19 di Jakarta.

"Tentu kami bersyukur pihak swasta sudah dapat berpartisipasi. Untuk Tokopedia, terima kasih atas partisipasi, bantuan dan dukungan yang diberikan hari ini," katanya.
Apresiasi untuk Tokopedia.

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Kyai Luthfi Fathullah bersyukur dan sangat mengapresiasi pihak Tokopedia, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Tokopedia yang telah menyumbangkan donasi untuk program KSBB DKI Jakarta.

Kyai Luthfi juga mengapresiasi pihak Pemprov DKI Jakarta yang mempercayai Baznas Bazis DKI Jakarta dalam program KSBB dan penyaluran bantuan ke warga DKI Jakarta."Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Tokopedia yang telah memberikan sumbangan nya dan Pemprov DKI yang telah percaya kepada kami dalam penyaluran nya," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah PT Tokopedia, Astri Wahyuni menyatakan, pihaknya menitipkan bantuan melalui Baznas Bazis DKI yang nantinya akan disalurkan dalam bentuk sembako sesuai data di situs corona.jakarta.go.id/ksbb

"Mungkin ini lebih kepada komitmen kami sebagai mitra Pemprov DKI Jakarta, hari ini kami juga bekerja sama dengan Baznas sesuai arahan Pak Gubernur yaitu KSBB. Kami juga berharap tentunya kerja sama ini tidak menjadi yang terakhir tetapi nanti akan menjadi berkesinambungan, karena bagi kami DKI Jakarta merupakan provinsi kunci bagi bisnis Tokopedia juga dan banyak juga UMKM Jakarta memulai dan berkembang bersama Tokopedia," kata Astri.

Perlu diketahui, Program KSBB Pemprov DKI program yang canangkan untuk mempertemukan masyarakat yang ingin memberi dan masyarakat yang membutuhkan bantuan. KSBB juga ditujukan untuk membantu masyarakat Jakarta dengan ekonomi rentan, terutama yang terdampak selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlaku di Jakarta.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4273 seconds (0.1#10.140)