Aplikasi SIMANDRA untuk Pengajuan dan Pengaduan Drainase PUPR Kabupaten Bogor

Kamis, 31 Desember 2020 - 17:41 WIB
loading...
Aplikasi SIMANDRA untuk Pengajuan dan Pengaduan Drainase PUPR Kabupaten Bogor
Kabupaten Bogor menerapkan teknologi Geoportal dan digunakan oleh beberapa dinas, yang dikenal dengan Simpul Jaringan BOGAPETA.
A A A
BOGOR - Banyak permasalahan terkait drainase yang tidak bisa ditindak lanjuti karena tidak adanya sistem informasi pengaduan dan pengaduan dari masyarakat. Merepons hal tersebut Kabupaten Bogor menerapkan teknologi Geoportal dan digunakan oleh beberapa dinas, yang dikenal dengan Simpul Jaringan BOGAPETA.

Salah satu tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor adalah mengawasi pengelolaan, pengembangan dan pemeliharaan drainase. Guna menunjang kinerja DPUPR Kabupaten Bogor, diperlukan teknologi.

Teknologi tersebut berupa sistem infomasi berbasis keruangan yang dapat menvisualisasi posisi objek drainase kedalam peta. Sistem Informasi Geografi yang telah dibangun DPUPR Kabupaten Bogor menggunakan Platform dari ESRI, yaitu ArcGIS Enterprise yang sudah terinstal di server DISKOMINFO Kabupaten Bogor.

Sistem tersebut berbasis Web dan juga Mobile Apps yang sudah terintegrasi. Sistem tersebut diberi nama Sistem Informasi Manajemen Drainase atau di singkat SIMANDRA.

Komponen Aplikasi SIMANDRA terdiri dari Aplikasi Pengajuan dan Pengaduan, dan Aplikasi Monitoring Drainase.

Aplikasi SIMANDRA untuk Pengajuan dan Pengaduan Drainase PUPR Kabupaten Bogor

Aplikasi Pengajuan dan Pengaduan

Aplikasi Pengajuan dan Pengaduan dibuat menggunakan Survey123 for ArcGIS. Aplikasi ini diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Bogor dalam melakukan pengaduan terhadap kerusakan drainase dan pengajuan untuk drainase. Aplikasi ini berbasis web sehingga dapat diakses menggunakan smartphone, PC, laptop maupun tablet.

Dengan adanya aplikasi pengaduan dan pengajuan drainase, data yang dikirim oleh masyarakat akan langsung terinput ke dalam database drainase dan akan tayang di Dashboard Monitoring Drainase secara realtime.

Aplikasi dapat diakses melalui link: http://bit.ly/2RyYHue.

Aplikasi SIMANDRA untuk Pengajuan dan Pengaduan Drainase PUPR Kabupaten Bogor

Aplikasi Monitoring Drainase
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)