Tatap 2021, Airlangga Bergantung ke Vaksin Covid-19 dan UU Sapu Jagat

Rabu, 30 Desember 2020 - 20:22 WIB
loading...
Tatap 2021, Airlangga Bergantung ke Vaksin Covid-19 dan UU Sapu Jagat
Menko Airlangga Hartarto mengatakan, dengan vaksinasi Covid-19 diharapkan membentuk kekebalan komunal atau herd immunity sebanyak 182 juta orang atau 70% dari total penduduk. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dengan vaksinasi Covid-19 diharapkan membentuk kekebalan komunal atau herd immunity sebanyak 182 juta orang atau 70% dari total penduduk Indonesia. Seperti diketahui vaksinasi dijadwalkan bakal dimulai pada awal Januari 2021.

"Kita ingin herd immunity sebanyak 182 juta orang atau 70% dari total penduduk Indonesia," kata Menko Airlangga dalam video virtual, Rabu (30/12/2020).

(Baca Juga: Anggaran Vaksinasi Covid-19 Disiapkan Rp73 Triliun , Warga +62 Disuntik Gratis )

Lanjutnya vaksinasi diyakini bisa menjadi game changer untuk memulihkan kondisi akibat pandemi corona. Maka dari itu untuk kesiapan vaksinasi, Airlangga mengungkapkan pemerintah di 2021 menyiapkan anggaran cukup besar untuk kesehatan.

"Pemerintah menganggarkan vaksinasi, yang tentu dari pembahasan di kisaran Rp 63 triliun - Rp 73 triliun yang harus disediakan untuk antisipasi pemerintah terhadap pengadaan vaksinasi," jelasnya.

Dia menambahkan, pemerintah juga memastikan akan terus meningkatkan kepercyaaan investor melalui reformasi struktural melalui Undang-Undang Cipta Kerja. Bahkan UU Cipta Kerja juga sudah direspon positif oleh lembaga internasional. “Beberapa lembaga memberikan komentar positif terhadap Undang-undang Cipta kerja," ungkapnya.

(Baca Juga: Rencana Vaksinasi Covid-19, Menkes Ungkap 4 Tahapannya )

Selain itu Ia juga mengingatkan untuk terus meningkatkan kedisiplinan dan terus menerapkan protocol kesehatan melalui upaya, testing, tracing dan treatment serta memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya mengakhiri pandemi.

“Pelaksanaan vaksinasi akan semakin membangun rasa aman dan kepercayaan diri kita sebagai bangsa dalam melakukan berbagai aktivitas sosial dan ekonomi untuk mendukung ketahanan kesehatan, mendorong produktivitas serta untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," paparnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)