Ketua KPK: Jangan Ada Lagi yang Membandingkan dengan Kepemimpinan Sebelumnya

Rabu, 30 Desember 2020 - 12:12 WIB
loading...
Ketua KPK: Jangan Ada Lagi yang Membandingkan dengan Kepemimpinan Sebelumnya
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta semua pihak untuk tidak lagi membanding-bandingkan kinerjanya dengan pimpinan lembaga antikorupsi sebelumnya. Foto/SIINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta semua pihak untuk tidak lagi membanding-bandingkan kinerjanya dengan pimpinan lembaga antikorupsi sebelumnya. Sebab, kepemimpinan Firli di tahun ini dihadapkan pada pandemi Covid-19.

(Baca Juga : KPK Setor PNBP ke Kas Negara Sebesar Rp120,3 Miliar )

"Bahwa 2020 memang kondisinya berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga menurut hemat kami dan tentu kita semua sependapat bahwa tidak elok kalau kita membandingkan apa yang terjadi di 2020 dengan tahun sebelumnya," ujar Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/12/2020). (Baca juga: Mahfud Sebut KPK Era Firli Lebih Baik Ketimbang Era Agus Rahardjo)

Akibat pandemi Covid-19 ini, kata Firli, secara langsung memengaruhi KPK untuk mengubah mekanisme serta tata cara kerja. Hal inilah yang lantas membuat KPK tidak bisa bekerja 100% seperti tahun sebelumnya karena ada beberapa pegawai yang bekerja dirumah (WFH). "Tapi kondisi ini tidak menyurutkan semangat KPK untuk melakukan pemberantasan korupsi," jelasnya. (Baca juga: Capaian Kinerja 2020 KPK, Firli Bahuri Sebut IPAK Alami Kenaikan)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyebut KPK dibawah kepemimpinan Firli Bahuri Dkk di tahun pertama kinerjanya lebih baik daripada KPK di bawah kepemimpinan Agus Rahardjo. (Baca juga: Buronan Harun Masiku Jadi Catatan Hitam bagi KPK)

"KPK dianggap lemah lalu pemerintah lagi yang dituding, padahal kita sudah mengatakan KPK itu independen. Meskipun sebenarnya saudara, kalau mau kita objektif tahun pertama KPK yang sekarang dibandingkan dengan tahun pertama KPK yang sebelumnya itu objektifnya juga lebih banyak sekarang prestasinya," kata Mahfud dalam diskusi bertajuk Masalah Strategis Kebangsaan dan Solusinya, secara virtual, Minggu (27/12/2020).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)